Pengembangan Media Berbasis Animasi Stop Mation Pada Pembelajaran IPA di Kelas IV Sekolah Dasar
Abstract
Media berbasis Animasi Stop Motion bukan hal yang baru, namun kenyataan di lapangan jarang dimanfaatkan dalam kegiatan pembelajaran khususnya di Sekolah Dasar (SD). Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran berbasis Animasi Stop Motion dalam subtema “alat sederhana”. Dalam pengembangan media pembelajaran yang memenuhi syarat sebuah produk pendidikan, yakni: a) sesuai dengan karakteristik siswa, b) praktis, dan c) efektif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD . Penelitian ini menggunakan model pengembangan Flagg yang terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, desain, produk dan implementasi. Dalam penelitian ini terdapat beberapa evaluasi yang dilakukan meliputi validasi ahli (expert review), uji satu-satu (one-to-one), kelompok kecil (small group), dan uji lapangan (field test ). Hasil expert review menyatakan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan telah valid sesuai dengan karakteristik siswa kelas IV SD, hasil uji one-to-one dan uji small group menunjukan media pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi syarat praktis, dan berdasarkan hasil observasi kegiatan pembelajaran dan hasil belajar siswa, media pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi syarat efektif dalam mendukung kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dan uraian diatas disimpulkan penelitian ini telah menghasilkan media berbasis Animasi Stop Motion dan dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran IPA di kelas IV SD dalam subtema alat sederhana yang memenuhi syarat sebuah produk pendidikan yang sesuai dengan karakteristik siswa, praktis, dan efektif dalam mendukung kegiatan pembelajaran IPA.
Full Text:
I-8Article Metrics
Abstract view : 245 timesI-8 - 474 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.