Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Berbasis Praktikum Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Palembang
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) berbasis praktikum terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 2 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode true experimental design dengan desain posttest only control group design. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII.4 berjumlah 40 orang (kelas eksperimen) dan siswa kelas VIII.1 berjumlah 40 orang (kelas kontrol) SMP Negeri 2 Palembang tahun ajaran 2017/2018. Pengambilan data penelitian dengan menggunakan instrumen tes pada materi bunyi. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) berbasis praktikum terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 2 Palembang. Hal ini ditunjukkan dari hasil pengujian hipotesis menggunakan uji statistik uji-t dimana diperoleh bahwa thitung (7,54) > ttabel(1,994) pada taraf signifikan 0,05 dan juga diperkuat dari nilai rata-rata posttest kelas eksperimen (80,25) lebih tinggi dibandingkan nilai ratarata posttest kelas kontrol (64,87).
Full Text:
I-3Article Metrics
Abstract view : 257 timesI-3 - 187 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.