Analisis Kemampuan Pedagogical Content Knowledge (PCK) Mahasiswa Calon Guru Biologi FKIP Unsri Sebelum dan Setelah Praktik Mengajar

Triska Meita Padila, Yenny Anwar, Kodri Madang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan PCK (Pedagogical Content Knowledge) calon guru Biologi FKIP Unsri sebelum dan setelah praktik mengajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Sampel dalam penelitian adalah semua calon guru Biologi FKIP Unsri Kelas Indralaya yang mengambil mata kuliah P4 ( Pengembangan dan Pengemasan Perangkat Pembelajaran) dan materi yang dipilih yaitu materi Virus Kelas X SMA. Data dikumpulkan dari Content Representation (CoRe) dan Pedagogical and Professional-experience Repertoires (PaP-eRs), Pelaksanaan Pembelajaran, wawancara serta dokumentasi yang digunakan untuk mengukur kategori kemampuan PCK guru yaitu Pra-PCK, Growing- PCK dan Maturing-PCK (Anwar:2014). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis data CoRe nilai rata-rata yang diperoleh sebelum mengajar 35% berkategori Kurang setelah mengajar 55% berkategori Cukup. PaPeRs calon guru diperoleh sebelum mengajar 65% berkategori Baik dan setelah mengajar 75% berkategori baik. Pelaksanaan pembelajaran rata-rata nilai yang diperoleh yakni 75% berkategori Baik. RPP rata-rata nilai yang peroleh yakni 90% berkategori Baik. Berdasarkan kategori PCK yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa sebelum mengajar PCK calon guru berkategori Pra-PCK dengan total 113 dan setelah mengajar meningkat menjadi 137. Kesepuluh calon guru Biologi FKIP Unsri termasuk dalam kategori Pra-PCK


Full Text:

B-20

Article Metrics

Abstract view : 536 times
B-20 - 1087 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.