Penerapan Strategi Role Playing Berbasis STEM pada Materi Nuklir dalam Meningkatkan Partisipasi dan Kemampuan Mahasiswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan kemampuan mahasiswa dengan strategi role playing berbasis STEM di Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Unsri pada mahasiswa semester ganjil tahun akademik 2015/2016 sebanyak 14 mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian Tindakan Kelas merupakan ragam penelitian pembelajaran yang berkonteks kelas yang dilaksanakan oleh guru untuk memecahkan masalah – masalah pembelajaran yang dihadapi oleh guru untuk memperbaiki mutu dan hasil pembelajaran dan mencoba hal-hal baru dalam pembelajaran demi peningkatan mutu dan hasil pembelajaran. PTK mempunyai karakteristik tersendiri yang membedakan dengan penelitian yang lain, diantaranya yaitu : masalah yang diangkat adalah masalah yang diahadapi oleh guru dikelas dan adanya usaha tertentu untuk memperbaiki proses belajar mengajar di kelas. Penelitian Tindakan Kelas termasuk penelitian kualitatif meskipun data yang dikumpulkan bisa saja kuantitatif, dimana uraiannya bersifat deskriptif dalam bentuk kata-kata. Hasil penelitian menunjukan rata-rata partisipasi mahasiswa selama bermain peran berbasis STEM masing-masing siklus yaitu: 26 %, 54 % dan 83 %. Skor kemampuan memahami dan mengemas informasi Science (sains), Technology (teknologi), Engineering (teknik) dan Mathematics (matematika) pada masing-masing siklus yaitu: 26, 53 dan 86, untuk teknology, 60,70,dan 87, untuk engineering, 50, 60 dan 88, untuk mathematics, 25, 40 dan 60. Kesimpulan dari pembelajaran dengan strategi role playing berbasis STEM dapat meningkatkan partisipasi dan kemampuan memahami materi nuklir dalam lingkungan.
Full Text:
F-13Article Metrics
Abstract view : 417 timesF-13 - 777 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.