Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (Nht) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa di SMP PGRI Palembang
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar fisika siswa di SMP PGRI 1 Palembang. Populasi penelitian ini adalah 192 siswa seluruh kelas VII SMP PGRI 1 Palembang. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas eksperimen (VII 2) yang berjumlah 31 siswa dan kelas kontrol (VII 1) yang berjumlah 31 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quisi Experimental. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Tes untuk menganalisis data digunakan statistik uji-t. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal. Selain itu kedua varians kelas dalam penelitian ini bersifat homogen. Setelah kedua kelas berdistribusi normal dan bersifat homogen barulah data dianalisis menggunakan uji-t. Dari hasil analisis diperoleh nilai thitung= 4,231, sedangkan ttabel= 2,000 (thitung>ttabel) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh positif model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VII di SMP PGRI 1 Palembang.
Full Text:
F-8Article Metrics
Abstract view : 244 timesF-8 - 181 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.