Pengaruh Metode Demonstrasi Dengan Menggunakan Alat Peraga Sel Surya Terhadap Hasil Belajar Fisika Materi Listrik Dinamis pada Kelas XII di SMA Negeri 8 Palembang
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui ada atau tidakpengaruh yang signifikanmetode demonstrasi dengan menggunakan alat peraga sel surya terhadap hasil belajar fisika materi listrik dinamis pada kelas XII di SMA Negeri 8 Palembang. Variabel dari penelitian adalah veriabel terikat yaitu hasil belajar siswa dan variabel perlakuan yaitu metode demonstrasi menggunakan alat peraga. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPA di SMA Negeri 8 Palembang yang berjumlah 200 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambildengan teknik sampling purposive dengan jumlah sampel 80 siswa yang terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas XII IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang mendapat perlakuan pembelajaran menggunakan metode demonstrasi dengan jumlah 40 siswa dan siswa kelas XII IPA 2 sebagai kelas kontrol yang mendapat perlakuan pendekatan konvensional dengan jumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah ujit pihak kanan. Hasil perhitungan analisis data diperoleh nilai rata-rata eksperimen 81,00 dan nilai rata-rata kelas kontrol 73,75, dengan taraf signifikan α = 0,05 didapat ttabel yaitu 1,68 dan thitungyaitu 2,71. Berdasarkan hasil perhitungan data, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan metode demonstrasi dengan menggunakan alat peraga sel surya terhadap hasil belajar fisika materi listrik dinamis pada kelas XII di SMA Negeri 8 Palembang.
Full Text:
F-7Article Metrics
Abstract view : 422 timesF-7 - 495 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.