ANALISIS KEBUTUHAN ELEARNING BERBASIS STEM MATA PELAJARAN FISIKA DI SMKN SUMETERA SELATAN
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menggali kebutuhan akan adanya pengembangan E-learning berbasis STEM di sekolah menengah kejuruan (SMK) yang notabenenya memang sangat erat kaitannya dengan pendekatan STEM tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan penyebaran angket terhadap peserta didik kelas X di SMKN Sumatera Selatan yang terletak di kota Palembang. Hasil menunjukkan bahwa: (1) Dalam pembelajaran secara daring, E-learning merupakan salah satu hal yang sangat sesuai dan layak dipilih dalam menyampaikan pembelajaran demi tercapainya tujuan pembelajaran; (2) Mayoritas peserta didik kelas X SMKN Sumatera Selatan merasa bahwa E-learning berbasis STEM perlu dikembangkan dan diterapkan pada pembelajaran mereka. Sehingga, berdasarkan pertimbangan dari poin-poin simpulan yang didapat, dapat ditarik kesimpulan bahwa pengembangan E-learning berbasis STEM dalam pembelajaran fisika pada jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sangat dibutuhkan.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 406 timesPDF - 253 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.