PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MIPA SMAN 4 PALEMBANG PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran number head together berbasis pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA SMAN 4 Palembang pada materi larutan penyangga. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian quasi experimental tipe nonequivalent control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI jurusan MIPA di SMAN 4 Palembang. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling sehingga didapatkan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 5 sebagai kelas kontrol. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest dan posttest untuk kelas eksperimen masing-masing sebesar 39,14 dan 81,00. Sedangkan, nilai rata-rata pretest dan posttest untuk kelas kontrol masing-masing sebesar 37,29 dan 75,29. Hasil independent sample t-test menunjukkan nilai thitung = 2,602 > ttabel (0,05; db= 68)= 2,000, sehingga dinyatakan terdapat pengaruh model pembelajaran number head together berbasis pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA SMAN 4 Palembang pada materi larutan penyangga (H0 ditolak, Ha diterima). Persamaan garis regresi linier sederhana: 𝑌 = 0,234 + 1,044X menunjukkan model pembelajaran number head together berbasis pendekatan saintifik berpengaruh positif terhadap terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA pada materi larutan penyangga dengan besar pengaruh sebesar 92,1% sedangkan sisanya 7,9% nilai hasil belajar siswa ditentukan oleh faktor lain.
Kata kunci: Model Pembelajaran Number Head Together, Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar, Larutan Penyangga
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 192 timesPDF - 129 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.