RESPON MAHASISWA TERHADAP PENERAPAN MOBILE VIRTUAL LABORATORIUM PADA KEGIATAN PRAKTIKUM

Susy Amizera, Elvira Destiansari, Zainal Arifin

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap penerapan mobile virtual laboratorium pada kegiatan praktikum. Responden yang ditetapkan adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya berjumlah 54 orang. Metode yang digunakan dalam pengambilan data yaitu survey dengan cara penyebaranAngket respon mahasiswa setelah menggunakan mobile virtual lab pada kegiatan praktikum. Angket digunakan untuk mendapatkan data dari responden mengenai penerapan mobile virtual laboratorium. Angket respon mahasiswa ditinjau menggunakan skala Likert. Berdasarkan data penelitian didapatkan hasil bahwa 57,4% (sangat setuju), 24,1% (setuju), 16,7% (cukup setuju) dan 1,9% (kurang setuju) bahwa kegiatan yang disajikan di mobile virtual lab sesuai dengan capaian pembelajaran. Pada aspek materi yang disajikan pada mobile vitual lab 50% (sangat setuju) dan 25,9% (setuju) 22,2% (cukup setuju) dan 1,9% (kurang setuju) bahwa sajian materi tersusun secara sistematis. Pada aspek pemahaman materi dapat diketahui 38,9% (sangat setuju), 29,6% (setuju), 27,8% (cukup setuju) dan 4,7% (kurang setuju) bahwa penyajian kegiatan praktikum pada mobile virtual laboratorium membantu untuk memahami materi perkuliahan. Pada aspek proses pembelajaran dapat diketahui bahwa 40,7% (sangat setuju), 38,9% (setuju), 18,5% (cukup setuju) dan 1,9% (kurang setuju) bahwa materi pembelajaran pada mobile virtual laboratorium mendukung proses pembelajaran. Berkaitan dengan hal tersebut diketahui 57,4% (sangat setuju) dan 33,3% (setuju) 7,4% (cukup setuju) dan 1,9% (kurang setuju) bahwa penggunaan mobile dapat meningkatkan rasa ingin tahu mahasiswa terhadap materi perkuliahan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil penggunaan mobile virtual laboratorium pada kegiatan praktikum dapat membantu mahasiswa dalam penerapan konsep baik dari aspek proses pembelajaran maupun aspek pemahaman materi serta dapat meningkatkan motivasi mahasiwa dalam kegiatan praktikum.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 241 times
PDF - 134 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.