ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN SELF EFFICACY: PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS X MENGGUNAKAN MODEL MULTIPEL REPRESENTASI

Erly Intan Safitri, Nukhbatul Bidayati Haka, Supriyadi Supriyadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu apakah model multipel representasi memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif dan self efficacy peserta didik. Penelitian dilakukan dengan menerapkan metode kuantitatif. Sampel penelitian dihimpun secara acak kelas dari populasi seluruh kelas X di SMAS Al-Azhar 3 Bandar Lampung, didapatkan sampel kelas eksperimen (31 peserta didik) dan kelas kontrol (33 peserta didik). Pretest-Posttest Control Group Design dipilih sebagai desain penelitian sehingga data dikumpulkan dua kali pada awal (pretest) dan akhir (posttest). Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes dan angket yang telah melalui uji keabsahan instrumen sehingga layak digunakan sebagai alat ukur penelitian. Penelitian memperoleh hasil bahwa setelah dilakukan uji hipotesis ada perbedaan signifikansi pada taraf (α=0,05). Penelitian ini memperoleh hasil bahwa ada pengaruh model multipel representasi terhadap kemampuan berpikir kreatif dan self efficacy. Pengaruh yang signifikan terlihat bahwa terjadi peningkatan lebih besar pada setiap indikator-indikator kemampuan baik berpikir kreatif maupun sikap self efficacy pada kelas eksperimen daripada kelas kontrol melalui fase pembelajaran model multipel representasi yaitu fase orientasi, imajinasi-eksplorasi, internalisasi, dan evaluasi. Sehingga hasil penelitian diharapkan dapat membantu pihak sekolah dalam menjadi masukkan referensi model yang dapat digunakan untuk memahami topik sains khususnya pelajaran biologi, serta membantu meningkatkan kemampuan dalam berpikir dan memiliki kepercayaan diri.


Full Text:

PDF

References


A. Doyan, B. Taufik, R. Anjani. 2018. “Pengaruh Pendekatan Multi Representasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditijau Dari Motivasi Peserta Didik.” Jurnal Penelitian Pendidikan IPA (JPPIPA) 4(1)(February): 36.

Ardhyantama, Vit. 2020. “Pengembangan Kreativitas Berdasarkan Creativity Development Based On.” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 5(1): 73–86.

Cheng, V.M.Y. 2019. “Developing Individual Creativity for Environmental Sustainability: USing an Everyday Theme in Higher Education.” Thinking Skills and Creativity 33(3): 1–10.

Citra, C., I. Wayan Distrik, and Kartini Herlina. 2020. “The Practicality and Effectiveness of Multiple Representations Based Teaching Material to Improve Student’s Self-Efficacy and Ability of Physics Problem Solving.” Journal of Physics: Conference Series 1467(1): 1–8.

Edy, Surahman, and Mukminan. 2017. “Peran Guru IPS Sebagai Pendidik Dan Pengajar Dalam Meningkatkan Sikap Sosial Dan Tanggung Jawab Sosial Siswa SMP.” Jurnal Pendidikan IPS 4(1): 1–13.

Fatmaryanti, Siska Desy et al. 2019. “Using Multiple Representations Model to Enhance Student’s Understanding in Magnetic Field Direction Concepts.” Journal of Physics: Conference Series 1153(1): 3–8.

Harahap, Yuli Karlina et al. 2019. “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif.” (April): 35–44.

Hasmatang, Hasmatang. 2019. “Pentingnya Self Efficacy Pada Diri Pesrta Didik.” In Seminar Nasional Biologi, , 96–98.

Ifdil, and Dkk. 2019. “The College Academic Self-Efficacy Scale ( CASES ); An Indonesian Validation to Measure the Self-Efficacy of Students.” Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling 4(4): 115–21.

Kenedi. 2017. “Pengembangan Kreativitas Siswa Dalam Proses Pembelajaran ….” Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, dan Humaniora 3(2): 329–48.

Lase, Delipiter. 2019. “Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0.” SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora dan Kebudayaan 1(1): 28–43.

Mukaromah, Devy, Sugiyo, and Mulawarman. 2018. “Indonesian Journal of Guidance and Counseling : Theory and Application.” Indinesian Journal of Guidance and Conseling: Theory and Application 7(2): 14–19.

Munandar, Utami. 2012. Kreativitas & Keberbakatan: Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif & Bakat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Novanda, B Firsty, Tuti K dan Rizmahardian A.K. 2018. “Hubungan Antara Self-Efficacy Dan Motivasi Berprestasi Siswa Kelas XI IPA Dalam Mata Pelajaran Kimia Di SMA Negeri 3 Pontianak.” Ar-Razi Jurnal Ilmiah 6(2): 9.

Nurrindar, Mareta, and Eko Wahjudi. 2021. “Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Keterlibatan Siswa Melalui Motivasi Belajar.” Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) 9(1): 140–48.

Suhendra, Okta, Sulistiyarini, and Riama Al Hidayah. 2020. “Peran Guru Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi SMA.” Jurnal Pendidikan dan pembelajaran Khatylistiwa 9(2): 1–10.

Sunyono. 2015. Model Pembelajaran Multipel Representasi. Yogyakarta: Media Akademi.

Suryani, Rahma, Ahmad Zaini, and Rila Rahma Mulyani. 2021. “Profil Kreativitas Peserta Didik Di Kelas VII SMP Negeri 34 Padang.” Jurnal Bimbingan dan Konseling 3(1): 17–23.


Article Metrics

Abstract view : 478 times
PDF - 271 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.