TINDAK TUTUR SISWA DALAM KEGIATAN BELAJAR BAHASA INDONESIA DI KELAS XI IPS SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 LAIS

Ilham Wahyudi

Abstract


Abstrak: Penelitian ini membahas tentang penggunaan tindak tutur yang digunakan oleh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lais berdasarkan maksud penutur ketika berbicara. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis tindak tutur yang digunakan siswa dalam kegiatan belajar di SMA Negeri 1 Lais berdasarkan maksud penutur atau fungsinya ketika berbicara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ternyata kelima jenis tindak tutur yang dikemukakan Searle digunakan oleh siswa dalam kegitian belajar. Kelima tindak tutur tersebut ialah refresentatif, komisif, direktif, ekspresif, dan deklaratif yang digunakan siswa dalam proses belajar. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat secara teoritis dan praktis. Manfaat secara teoritis, dapat memberikan sumbangan terhadap sosiolinguistik  dan pragmatik mengenai jenis-jenis tindak tutur yang digunakan oleh siswa dalam kegiatan belajar berdasarkan maksud penuturnya. Manfaat secara praktis, dapat dimanfaatkan dan memberikan sumbangan bagi siswa agar dapat menguasai tindak tutur yang baik agar dapat mengekspresikan kemampuan berbahasanya dengan tepat dan sesuai situasi maupun kondisi.

Kata kunci: tindak tutur, maksud penutur, siswa.


Full Text:

PDF

References


Dwiarti. 2001. “Tindak Ilokusi dalam Wacana Pojok Surat Kabar Harian yang Diterbitkan Di Palembang” dalam Tesis. Palembang: Universitas Sriwijaya.

Moleong, Lexy J. 1998. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remeja Rusdakarya.

Rani, Abdul, dkk, 2004. Analisis Wacana. Malang: Bayu Media.

Sutikno, M. Sobry. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistica.

Tjahyono, Tengse dan Kisyani Laksono, 2001. Berbicara II. Jakarta: Universitas Terbuka.


Article Metrics

Abstract view : 1095 times
PDF - 1321 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.