PARADIGMA KRITIS DALAM KAJIAN SASTRA

Mulyadi Eko Purnomo

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan ideologi yang tersembunyi dalam novel karya Ayu Utami dan A. Fuadi. Dengan menggunakan pendekatan interdisipliner AWK, dua novel karya Ayu Utami dan tiga novel  karya A. Fuadi dianalisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa  dalam dwilogi karya Ayu Utami ditemukan ideologi liberalism-feminisme, yaitu gagasan tentang hak kebebasan setiap individu dalam memperjuangkan hak perempuan sebagai subordinat laki-laki, termasuk kebebasan seksual. Dalam trilogi karya A. Fuadi ditemukan ideologi pedagogi transcendental, yaitu pedagogi yang berorientasi kepada keilahian. Dengan orientasi keilahian, seluruh proses dan kegiatan pendidikan didasarkan kepada norma-norma Ilahi yang meliputi peran guru, peran murid, dan relasi guru-murid.

 

Kata kunci: paradigm kritis, AWK, kajian sastra, liberalism-feminisme, pedagogi transendental

Full Text:

PDF

References


DAFTAR RUJUKAN

Amari, F. (2015). The Role of Critical Discourse Analysis in EFL Teaching/ Learning. Frontiers of Language Teaching , 6, 87-93.

Bangsawan, A. (2017). Pramoedya Ananta Toer, Politik, dan Sastra: Kajian Politik Jawa dalam Novel Arok Dedes dan Arus Balik. Yogyakarata: Media Prssindo.

Fairclough, N. (1989). Language and Power. New York, NY: Longman.

Kaelan. 2012. Metode Penelitian Kualitatif Interdisipliner Bidang Sosial, Budaya, Filsafat,

Seni, Agama, dan Humaniora. Yogyakarta: Paradigma.

Lull, J. (1995). Media, Communications and Culture: A Global Approach. Columbia: Columbia University Press.

Martinez, D. (2012). Critical Learning: Critical Discourse Analysis in EFL Teaching. Journal of Language Teaching and Research , 3 (2), 283-288.

Min , S. J. (1997). Constructin Ideology: A Critical Linguistic Analysis. Studies in the Language Sciences , 27 (2), 147-164.

Primana, I. (2016). Wacana Etnosentrisme dalam Novel: Analisis Wacana Kritis dalam Novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck. Bandarlampung: Skripsi Sarjana, Tidak Diterbitkan.

Ryan, M. (2011). Teori sastra: Sebuah pengantar ringkas. (B. A. Ismayasari, Trans.) Yogyakarta: Jalasutra.


Article Metrics

Abstract view : 1041 times
PDF - 1015 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.