PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MENGGUNAKAN METODE BACA DENGAR INGAT (BANDING) TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN KADER DIABETES MELITUS

Yunika Syakila, Fuji Rahmawati, Dhona Andhini

Abstract


Tujuan: Diabetes Melitus adalah penyakit metabolik yang ditandai dengan peningkatan kadar gula darah akibat menurunnya jumlah insulin dan memerlukan perawatan jangka panjang yang melibatkan orang orang terdekat. Dalam hal ini peran kader kesehatan sangat dibutuhkan, mengingat kader merupakan bagian dari masyarakat itu sendiri dan tentunya lebih mengetahui masyarakat sekitarnya. Pendidikan kesehatan merupakan salah satu tindakan yang berpengaruh terhadap pengetahuan tentang penyakit dan dapat membangun kepedulian kader akan pencegahan dan penanganan Diabetes Melitus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan menggunakan metode BANDING terhadap pengetahuan dan keterampilan kader Diabetes Melitus. Metode: Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian quasy experiment one group pretest and posttest design dengan jumlah sampel sebanyak 20 kader yang diambil dengan cara total sampling. Instrumen pada penelitian ini menggunakan kuesioner pengetahuan dan lembar observasi yang digunakan untuk mengukur pengetahuan dan keterampilan responden penelitian. Analisis statistik penelitian menggunakan uji marginal homogenity, pada variabel pengetahuan didapatkan P value sebesar 0,000 (p<0,05), sedangkan pada variabel keterampilan didapatkan P value sebesar 0,000 (p<0,05). Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada tingkat pengetahuan dan keterampilan responden setelah diberikan pendidikan kesehatan menggunakan metode BANDING. Simpulan: Metode baca dengar dan ingat berpengaruh positif terhadap tingkat pengetahuan dan keterampilan kader Diabetes Melitus.

Kata kunci: Diabetes Melitus, Kader, Keterampilan, Metode BANDING, Pendidikan Kesehatan, Pengetahuan.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 11 times
PDF - 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P ISSN : 2477-1597

E ISSN : 2685-4449