TINGKAT PENGETAHUAN REMAJA PUTRI YANG MENDAPAT EDUKASI MAPS FOR EDUCATION “DYSMENORRHEA”

Anjar Dwi Fahni, Antarini Idriansari, Dhona Andhini

Abstract


Dismenore dapat menyebabkan sebagian besar remaja putri mengalami keterbatasan dalam beraktivitas, ketidakhadiran di sekolah, bahkan penarikan diri dari pergaulan sehari-hari, oleh karena itu dibutuhkan adanya penanganan yang dapat dilakukan untuk membantu mengurangi dismenore. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi upaya penanganan dismenore adalah pengetahuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran dari pengetahuan remaja putri tentang penanganan dismenore sesudah intervensi pendidikan kesehatan maps for education “dismenorrhea”. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif non-eksperiment design dengan rancangan deskriptif survey. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah probability sampling dengan teknik stratified random sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 66 orang remaja putri yang mengalami dismenore. Pengetahuan remaja putri tentang penanganan dismenore diukur dengan menggunakan kuesioner pengetahuan. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis univariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pengetahuan remaja putri tentang penanganan dismenore sesudah intervensi pendidikan kesehatan berada dalam kategori pengetahuan baik yaitu sebanyak 45 orang dengan persentase sebesar 68,2%. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah remaja putri sudah memiliki pengetahuan yang baik dalam penanganan dismenore. Tenaga kesehatan terutama perawat dapat terus meningkatkan pemberian edukasi kesehatan kepada remaja putri mengenai penanganan dismenore.

Kata kunci: Dysmenorrhea, maps for education, pendidikan kesehatan, pengetahuan


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 274 times
PDF - 579 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P ISSN : 2477-1597

E ISSN : 2685-4449