PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN MEMPRODUKSI TEKS EKSPOSISI

Serli Lestari, Mulyadi Eko Purnomo, R.H.M Ali Masri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model PBLlebih berpengaruh dalam pembelajaran memproduksi teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 8 Palembang dibandingkan dengan model konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan perhitungan uji-t dengan menggunakan SPSS 20. Taraf signifikansi 95% (α = 0,05). Hasil penelitian telah menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata tes awal (pretes) memproduksi teks eksposisi kelas eksperimen 58.632 dan kelas kontrol 57.263. Nilai rata-rata tes akhir (postes) memproduksi teks eksposisi kelas eksperimen 82,184 dan kelas kontrol 70,316. Hal ini menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan memproduksi teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 8 Palembang pada kelas eksperimen sebesar 23.553. Hasil analisis dengan uji-t menunjukkan bahwa Nilai thitung (6,095) > ttabel (1,993) dengan df = 74 pada tingkat signifikansi 95% (α = 0,05). Dengan demikian Ho yang berbunyi “Tidak ada perbedaan antara siswa yang diajar menggunakan model PBL dan siswa yang diajar dengan model konvensional dalam pembelajaran memproduksi teks ekspsosisi (μ1 = μ2)”ditolak. Dengan ditolaknya Ho maka dengan sendirinya Ha yang berbunyi “Ada perbedaan kemampuan memproduksi teks ekspsosisi antara siswa yang diajar menggunakan model PBL dan siswa yang diajarkan dengan menggunakan model konvensional (μ1 ≠ μ2)” diterima. Dengan diterimanya Ha, maka dapat dikatakan bahwa penerapan model PBL lebih berpengaruh dibandingkan model konvensional pada siswa kelas X SMA Negeri 8 Palembang.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 395 times
PDF - 407 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.