PENGARUH STRATEGI FACILITATING THE READING EXPERIENCE TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS CERITA PENDEK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Strategi Facilitating The Reading Experience (Memfasilitasi Pengalaman Membaca) terhadap kemampuan memahami teks cerita pendek siswa kelas VII SMP Negeri 1 Indralaya Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII.D sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 35 siswa dengan perlakuan Strategi Facilitating The Reading Experience, dan kelas VII.C sebagai kelas kontrol yang berjumlah 35 siswa dengan perlakuan strategi konvensional yang biasa digunakan oleh guru. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik pengolahan data menggunakan perhitungan uji-t dengan program SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Nilai rata-rata tes awal kelas eksperimen 59,89 meningkat sebesar 17,25 menjadi 77,14 pada tes akhir. Nilai ratarata tes awal kelas kontrol 56,91 meningkat sebesar 16,43 menjadi 73,34 pada tes akhir. Dari hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Hasil perhitungan dengan uji-t menunjukkan nilai thitung>ttabel = 2,616 >1,995 dengan df = 68 pada tingkat keberhasilan 95% ( =0.25). Karena thitung lebih besar dari ttabel maka Ho ditolak. Dengan demikian, Ha yang menyatakan “Ada perbedaan kemampuan memahami teks cerita pendek antara siswa yang diajar menggunakan Strategi Facilitating The Reading Experience dengan siswa yang diajar menggunakan strategi konvensional” dapat diterima. Dengan diterimanya Ha, maka dapat disimpulkan bahwa strategi Facilitating The Reading Experience (Memfasilitasi Pengalaman Membaca) lebih efektif digunakan pada pembelajaran memahami teks cerita pendek siswa kelas VII SMP Negeri 1 Indralaya Utara.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 240 timesPDF - 175 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.