KEEFEKTIFAN STRATEGI GUIDED NOTE TAKING TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK SISWA KELAS IV SD

Ririn Martuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan strategi guided note taking terhadap kemampuan menyimak siswa kelas IV SD Negeri 12 Lahat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu, sampel penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 64 orang siswa dengan rincian 32 orang siswa untuk kelompok eksperimen yang menggunakan strategi guided note taking dan 32 orang siswa untuk kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional. Teknik yang digunakan untuk menggumpulkan data adalah tes menyimak sedangkan teknik yang digunakan untuk menganalisis data menggunakan program olah data statistik SPSS 18. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan kemampuan menyimak siswa yang menggunakan strategi guided note taking dengan kemampuan menyimak siswa yang menggunakan metode konvensional. Skor rata-rata siswa yang menggunakan strategi guided note taking lebih besar daripada skor rata-rata siswa yang menggunakan metode konvensional. Skor ratarata kelas eksperimen dan skor rata-rata kelas kontrol dari perhitungan uji t menunjukan thitung>ttabel atau 9,739 >1,999 pada tingkat kepercayaan 95%. Hal ini membuktikan bahwa strategi pembelajaran guided note taking lebih efektif diterapkan dalam pembelajaran menyimak siswa kelas IV SD Negeri 12 Lahat daripada metode konvensional.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 324 times
PDF - 418 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.