PENGEMBANGAN BAHAN AJAR STRUKTUR TEKS DESKRIPSI BERBASIS KEARIFAN LOKAL TEMPAT WISATA DI LUBUKLINGGAU SIWA KELAS VII MTS MAZRO’ILLAH LUBUKLINGGAU

Inda Puspita Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan 1) mengetahui langkah dan pengembangan bahan ajar struktur teks deskripsi berbasis kearifan lokal tempat wisata di lubuklinggau siswa kelas VII Mts Mazro’illah Lubuklinggau. Bahan ajar yang dikembangkan dapat meningkatkan minyak belajar siswa kelas VII Mts Mazro’illah Lubuklinggau. Penelitian R and D menggunakan langkah Sugiyono. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, kuisioner dan tes. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa, kelayakan isi mendapat kategori baik, karena 98% guru menyatakan sangat sesuai dengan indikator, kebahasaan berkategori baik sanagat sesuai, karena 100% guru menyatakan sanagat sesuai dengan indikator. Bahasa yang digunakan sudah efektif dan efisien indikator keterbacaannya 70% sangat sesuai dan 50% baik. Sajian kategori sangat baik dengan skor 100% menyatakan sanagat sesuai denagn indikator. Bagian indikator dan stimulus dan kejelasan tujuan mendapatkan skor 80% menyatakan sangat sesuai pada indikator sistematis. Pemberian motivasi dan kelengkapan informasi mendapat skor 20% dengan kategori baik, kegrafikan memperoleh skor 100%dengan kategori ‘sangat sesuai’ denagn indikator. Hasil dari keseluruhan bahan ajar mendapat kategori sangat sesuai dan layak digunakan.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 748 times
PDF - 2256 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.