ANALISIS KEBUTUHAN ELEARNING BERBASIS STEM MATA PELAJARAN FISIKA DI SMKN SUMETERA SELATAN

Rizki Nur Hidayah, Ketang Wiyono, Ismet Ismet

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menggali kebutuhan akan adanya pengembangan E-learning berbasis STEM di sekolah menengah kejuruan (SMK) yang notabenenya memang sangat erat kaitannya dengan pendekatan STEM tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan penyebaran angket terhadap peserta didik kelas X di SMKN Sumatera Selatan yang terletak di kota Palembang. Hasil menunjukkan bahwa: (1) Dalam pembelajaran secara daring, E-learning merupakan salah satu hal yang sangat sesuai dan layak dipilih dalam menyampaikan pembelajaran demi tercapainya tujuan pembelajaran; (2) Mayoritas peserta didik kelas X SMKN Sumatera Selatan merasa bahwa E-learning berbasis STEM perlu dikembangkan dan diterapkan pada pembelajaran mereka. Sehingga, berdasarkan pertimbangan dari poin-poin simpulan yang didapat, dapat ditarik kesimpulan bahwa  pengembangan E-learning berbasis STEM dalam pembelajaran fisika pada jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sangat dibutuhkan.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 41 times
PDF - 33 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.