PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MIPA SMAN 4 PALEMBANG PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

Destiana Sari, A. Rachman Ibrahim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran  number head together berbasis pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA SMAN 4 Palembang pada materi larutan penyangga. Penelitian ini merupakan  penelitian  kuantitatif  dengan metode penelitian quasi experimental tipe nonequivalent control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI jurusan MIPA di SMAN 4 Palembang. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling sehingga didapatkan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 5 sebagai kelas kontrol.  Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest dan posttest  untuk kelas eksperimen  masing-masing sebesar 39,14 dan 81,00. Sedangkan, nilai rata-rata  pretest  dan posttest  untuk kelas kontrol  masing-masing sebesar 37,29 dan  75,29.  Hasil independent sample t-test  menunjukkan nilai   thitung = 2,602 > ttabel (0,05; db= 68)= 2,000, sehingga dinyatakan terdapat pengaruh model pembelajaran number head together berbasis pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA SMAN 4 Palembang pada materi larutan penyangga (H0 ditolak, Ha diterima). Persamaan garis regresi linier sederhana: 𝑌 = 0,234 + 1,044X  menunjukkan model pembelajaran number head together berbasis pendekatan saintifik berpengaruh positif terhadap terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA pada materi larutan penyangga dengan besar pengaruh sebesar 92,1% sedangkan sisanya 7,9% nilai hasil belajar siswa ditentukan oleh faktor lain.

Kata kunci: Model Pembelajaran Number Head Together, Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar, Larutan Penyangga


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 39 times
PDF - 33 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.