REDESAIN FASILITAS KISS-AND-RIDE, PARK-AND-RIDE, DAN PARKIR PEGAWAI (Studi Kasus: Stasiun Yogyakarta)

Bayu Adi Nugroho, Danang Parikesit

Abstract


Stasiun Yogyakarta merupakan gerbang masuk Kota Yogyakarta bagi pengguna kereta api. Setiap penumpang menggunakan moda pendukung untuk datang ke stasiun maupun sebaliknya. Fasilitas kiss-and-ride dan park-and-ride merupakan fasilitas antarmoda yang mengakomodasi perpindahan penumpang tersebut. Setiap tahun, volume penumpang yang menggunakan Stasiun Yogyakarta semakin bertambah sehingga diperlukan redesain fasilitas kiss-and-ride dan park-and-ride untuk meningkatkan pelayanan bagi penumpang dan pengantar/ penjemput. Selain itu, disediakan fasilitas parkir pegawai yang terpisah dari fasilitas kiss-and-ride dan park-and-ride. Dilakukan survei counting penumpang yang dijemput, pola pergerakan penumpang, dan parkir untuk mengetahui penggunaan fasilitas kiss-and-ride dan park-and-ride eksisting sedangkan penggunaan parkir pegawai eksisting diketahui berdasarkan pembagian shift dan waktu dinas. Setelah itu, dapat diketahui permasalahan yang timbul akibat penggunaan eksisting lalu ditentukan solusi permasalahannya. Hasil redesain fasilitas kiss-andride dan park-and-ride yaitu pola pergerakan penumpang, sirkulasi kendaraan, ruang parkir, dan ruang tunggu penumpang yang baru. Disediakan ruang parkir: mobil 39 SRP, taksi 17 SRP, sepeda motor 16 SRP, shuttle 2 SRP, becak 14 SRP, dan bus pariwisata 5 SRP dan ruang tunggu seluas 1529 m2 pada fasilitas kiss-and-ride sedangkan ruang parkir: mobil 137 SRP, dan sepeda motor 1131 SRP pada fasilitas park-and-ride tanpa ruang tunggu. Parkir pegawai perlu ditambah ruang parkir sepeda motor sebanyak 5 SRP.


Full Text:

TII-006

Article Metrics

Abstract view : 739 times
TII-006 - 442 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


E-ISBN 978-979-587-734-9

eisbnresize