Pelatihan Guru IPA dalam Mendesain Instruksional Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa (IPBA) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan melatih guru IPA SMP dalam menyusun desain instruksional Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa (IPBA) dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis (KBK) siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Quantitative method. Subjek penelitian 24 Guru IPA SMP dan 193 siswa kelas VII dari beberapa SMP Negeri di Kota Palembang Sumatera Selatan tahun ajaran 2016/2017 yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes keterampilan berpikir kritis materi struktur bumi dan bencana yang digunakan untuk mengukur penguasaan keterampilan berpikir kritis siswa. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan N-gain. Dari hasil skor pre tes diperoleh 37,34 pos tes 48,18 dan N-gain 0,168. Dari hasil penelitian ini terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa.
Full Text:
I-13Article Metrics
Abstract view : 266 timesI-13 - 360 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.