Pengembangan Teks Perubahan Konseptual (TPK) untuk Pengajaran Perubahan Konseptual
Abstract
Rendahnya pemahaman konsep IPA pelajar dan banyaknya miskonsepsi yang mereka alami merupakan masalah yang terus ditemukan dalam pendidikan IPA. Berbagai upaya diperlukan untuk mengatasinya. Teks Perubahan Konseptual (TPK) adalah bahan ajar yang ditujukan untuk merubah pemahaman konsep dari konsepsi kurang saintifik menjadi konsepsi saintifik dan dari miskonsepsi menjadi konsepsi benar. TPK disusun berdasarkan teori perubahan konseptual Posner dkk tentang syarat kondisi terjadinya perubahan konseptual, yaitu dissatisfaksi terhadap konsep lama, dan konsep pengganti harus intelligible, plausible, dan fruitful. Tulisan menjelaskan teori dan praktek penyusunan TPK dengan menggunakan metode kajian literatur dan refleksi perkembangan penyusunan TPK yang sedang dilakukan. Kontribusi tulisan diharapkan memberi pengetahuan baru langkah-langkah mengembangkan TPK untuk materi ajar tertentu bagi para peneliti bidang pendidikan dan pengajar IPA.
Full Text:
I-9Article Metrics
Abstract view : 669 timesI-9 - 627 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.