Penerapan Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Ekskresi Kelas XI diSMA Negeri 1 Indralaya

Utami Dewi, Yenny Anwar, Suratmi Suratmi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui informasi mengenai pengaruh penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization terhadap hasil belajar peserta didik di kelas XI SMA Negeri 1 Indralaya. Penelitian ini menerapkan metode PreExperimentaldengan desain One-Group-Pretest-Postest. Pengambilan data tes hasil belajar dilakukan di kelas XI IPA 4. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Data hasil belajar dilihat dari perbedaan hasil tes awal dan tes akhir sedangkan pengumpulan data aktivitas belajar dilakukan melalui observasi selama proses pembelajaran disesuaikan dengan sintaks model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization. Berdasarkan hasil penelitian nilai rata-rata tes awal dan tes akhir yaitu 37 dan 77 serta selisih rata-rata nilai tes awal dan tes akhir yaitu 40.Analisis data uji hipotesis dengan menggunakan aplikasi SPSS diperoleh nilai thitungsebesar 8,14 sedangkan ttabelpada taraf signifikasi 5% dengan df 31 adalah 2,04. Hasil tersebut menunjukkan bahwa thitung>ttabel yaitu 8,14 > 2,04, sehingga H0ditolak yang berarti terdapat pengaruh penerapan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Team Assisted Individualizationterhadap hasil belajar peserta didik pasa materisistem ekskresi kelas XI di SMA Negeri 1 Indralaya.


Full Text:

B-21

Article Metrics

Abstract view : 221 times
B-21 - 337 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.