Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining (SFE) terhadap Penguasaan Konsep Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Talang Kelapa Materi Sistem Ekskresi

Dhebi Yunita, Adeng Slamet, Lucia Maria Santoso

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif Student Facilitator and Explaining (SFE) terhadap penguasaan konsep peserta didik pada materi sistem ekskresi kelas XI SMA N 1 Talang Kelapa. Metode penelitian eksperimen dengan desain One-Group Pretest-Posttest. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dengan tes berupa pilihan ganda dan non tes berupa angket dan dokumentasi. Analisis data untuk uji normalitas menggunakan aplikasi SPSS 15 uji Shapiro-Wilk, sedangkan pengujian hipotesis menggunakan aplikasi SPSS 15 melalui uji paired sample T test. Secara keseluruhan penerapan model SFE menghasilkan perbandingan antara pretest (55,46) , posttest (78,93) dan gain (23,46) yang ditunjukkan dengan nilai N-gain (0,32), sedangkan untuk capaian ranah kognitif, yang tertinggi yaitu C6 (73) dan terendah C1 (6,25). Pemberian angket respon peserta didik untuk keterampilan guru mengajar menunjukkan dengan 75 kategori sangat baik dan kategori baik 25 sedangkan untuk respon peserta didik terhadap model SFE yang termasuk kategori sangat baik sebesar 56,25 dan kategori baik sebesar 43,75. Berdasarkan analisis data dan pembahasan penerapan model SFE pada materi sistem ekskresi di kelas XI MIA 4 berpengaruh signifikan, terlihat dari hasil uji t nilai probabilitas (signifikansi) < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima.


Full Text:

B-12

Article Metrics

Abstract view : 651 times
B-12 - 701 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.