Analisis Konsepsi Siswa dalam Materi Sistem Respirasi

Safira Permata Dewi, Ari Widodo

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran konsepsi siswa pada materi sistem respirasi. Sampel penelitian (n=57) merupakan siswa SMA yang belum mendapatkan materi sistem respirasi di sekolahnya. Data diambil dengan menggunakan metode survey. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis dengan metode three-tier test, 18 soal multiple choicedengan empat pilihan jawaban, delapan alasan, dan empat tingkat keyakinan. Data yang didapatkan kemudian dikategorikan dalam empat kelompok, yaitu, miskonsepsi, lack of knowledge, error, dan paham. Hasil penelitian menunjukkan miskonsepsi memiliki prosentase tertinggi diantara kategori lainnya pada semua soal yang diujikan. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan pijakan untuk menentukan metode, model, pengalaman belajar dan bahan ajar yang sesuai untuk mengajarkan materi ini guna menghilangkan miskonsepsi siswa dan memperdalam pemahaman siswa.


Full Text:

B-3

Article Metrics

Abstract view : 2771 times
B-3 - 2838 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.