Perbandingan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Pelajaran Fisika Di SMA PGRI 2 Palembang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan antara hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pelajaran fisika di SMA PGRI 2 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jenis komparasi, dalam pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling. Sedangkan teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika di SMA PGRI 2 Palembang, pada kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT mendapatkan yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Hal ini ditandai dengan nilai rata-rata n-gain hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT yaitu 0,91 dimana peningkatan hasil belajar fisika siswa dalam kategori tinggi, sedangkan nilai rata-rata n-gain hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yaitu 0,62 dimana peningkatan hasil belajar fisika siswa dalam kategori sedang, dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa pada penelitian in ada perbedaan antara hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pelajaran fisika di SMA PGRI 2 Palembang.
Full Text:
F-10Article Metrics
Abstract view : 301 timesF-10 - 193 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.