Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS)terhadap Akivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Kayuagung
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana aktivitas belajar siswa kelas X yang diterapkan model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Serta untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh positif model pembelajaran TPS terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 2 Kayuagung. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian quasi experiment. Bentuk desain penelitian yaitu posttest only control design. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 2 Kayuagung pada semester gazal tahun ajaran 2017/2018. Populasi penelitian yaitu siswa kelas X MIPA. Sampel penelitian dipilih dengan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian yaitu dua kelas siswa yang masing-masing terdiri dari 36 siswa. Pengumpulan data menggunakan instrumen observasi dan tes. Hasil analisis data observasi menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar setiap pertemuan. Persentase rata-rata aktivitas belajar siswa di kelas yang diterapkan model pembelajaran TPS berada dalam kategori tinggi. Dari data tes yang terkumpul, diketahui bahwa nilai rata-rata tes hasil belajar siswa kelas kontrol 67,5 sedangkan kelas eksperimen 74,5. Hasil analisis data tes menunjukkan bahwa data berdisribusi normal dan homogen. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis didapatkan hitung t = 2,37 > tabel t = 1,99 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 2 Kayuagung
Full Text:
F-4Article Metrics
Abstract view : 220 timesF-4 - 154 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.