STUDI PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN FISIKA DI SMK NEGERI SUMATERA SELATAN

Kristylia Sury, Ketang Wiyono

Abstract


Tujuan dari penelitian untuk mengetahui pembelajaran daring mata pelajaran fisika di SMK Negeri Sumatera Selatan Palembang.  Metode yang digunakan yaitu deskriptif. Sampel penelitian ini merupakan peserta didik SMK Negeri Sumatera Selatan Palembang. Data dikumpulkan dengan memberikan angket yang disebarkan dengan menggunakan Google form. Hasil survei menunjukkan terdapat beberapa kesulitan yang dirasakan oleh peserta didik selama pembelajaran fisika secara daring dilakukan diantaranya sulit untuk interaktif, pembelajaran cenderung pada penugasan serta media pembelajaran yang digunakan dominan monoton. Selain itu, sebanyak 91,7% hasil survei menyatakan setuju dengan pembelajaran yang dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun. Konten pembelajaran fisika yang diinginkan peserta didik diantaranya terdapat gambar, video, audio dan teks. Hasil penelitian ini menunjukkan perlu dikembangkan e-learning fisika sesuai dengan hasil survei yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran di SMK Negeri Sumatera Selatan Palembang

Kata kunci: Pembelajaran daring, Pandemi covid-19, Pembelajaran Fisika, Kesulitan belajar fisika.


Full Text:

PDF

References


Adita, A., & Julanto, T. (2016). Penyusunan Virtual Laboratory Sebagai Media Pembelajaran Biologi. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 3(2), 69–73. http://jurnalppkm.unsiq.ac.id/index.php/ppkm/article/view/82

Agustina, I., Astuti, D., & Bhakti, Y. B. (2018). Interactive Learning Multimedia Based Microsoft Excel on the Temperature and Heat. Unnes Science Education Journal, 7(1), 1–6. https://doi.org/10.15294/usej.v7i1.21355

Aminoto, T., & Pathoni, H. (2014). Penerapan Media E-Learning Berbasis Schoology untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Usaha dan Energi di Kelas XI SMA N 10 Kota Jambi. 8(1), 13–29.

Chania, D. M. P., Medriati, R., & Mayub, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Melalui Pendekatan Stem Berorientasi Hots Pada Materi Usaha Dan Energi. Jurnal Kumparan Fisika, 3(2), 109–120. https://doi.org/10.33369/jkf.3.2.109-120

Hartanto, H., Marlina, L., & Wiyono, K. (2021). Pengembangan E-Schoology Materi Getaran dan Gelombang untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(2), 211. https://doi.org/10.20527/jipf.v5i2.3759

Hartawan, I. K. A., Tastra, I. D. K., & ... (2014). Pengembangan portal e-learning berbasis moodle pada mata pelajaran fisika kelas x di sma dwijendra denpasar. Jurnal Edutech …, 1. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/3588

Haruna, N. A., Setiawan, D. G. E., & Odja, A. H. (2021). Penerapan E-Learning Menggunakan Media Edmodo dalam Pembelajaran Fisika Berbasis Nilai Karakter untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Konsep Usaha dan Energi. Physics Education Research Journal, 3(1), 65–74. https://doi.org/10.21580/perj.2021.3.1.6737

Herayanti, L., Fuaddunnazmi, M., & Habibi, H. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Moodle. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 3(2), 197. https://doi.org/10.29303/jpft.v3i2.412

Mtebe, J., & Kondoro, A. (2019). Mining Students’ Data to Analyse Usage Patterns in eLearning Systems of Secondary Schools in Tanzania. Journal of Learning for Development, 6(3), 228–244.

Napaswati. (2020). Analisis Situasi Pembelajaran IPA Fisika dengan Metode Daring di Tengah Wabah COVID-19 (Studi Kasus Peserta Didik MTS DDI Seppange Kabupaten Bone). Karst Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 3(1), 6–12. https://ejournals.umma.ac.id/index.php/karts/article/view/546

Prayudi, L. M. E., Sahidu, H., & Gunawan, G. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual Dengan Pendekatan Metakognitif Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas Xi Ipa Di Sman 1 Gerung Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 3(1), 55. https://doi.org/10.29303/jpft.v3i1.324

Rante, P., Sudarto, & Ihsan, N. (2013). Pengembangan multimedia pembelajaran fisika berbasis audio-video eksperimen listrik dinamis di smp. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(2), 203–208. https://doi.org/10.15294/jpii.v2i2.2724

Sunarti, S., & Rusilowati, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Digital Gerak Melingkar Berbantuan Scratch Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics. Unnes Physics Education Journal, 3(3), 77–83.

Syafei, I., Saregar, A., Hairul, Thahir, A., Sari, P. M., & Anugrah, A. (2020). E-learning with STEM-Based Schoology on Static Fluid Material. Journal of Physics: Conference Series, 1467(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1467/1/012052

Wahyudi, I. (2017). Pengembangan Program Pembelajaran Fisika SMA Berbasis E-Learning dengan Schoology. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(2), 187–199. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i2.1850

Wiyono, K., Pasaribu, A., Afriani, A., Pratiwi, S., & Zakiyah, S. (2020). Online Instruction : A Survei of High School Physics Teachers. Atlantis Press, 513, 767–774.


Article Metrics

Abstract view : 242 times
PDF - 167 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.