STUDI PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN FISIKA DI SMK NEGERI SUMATERA SELATAN
Abstract
Tujuan dari penelitian untuk mengetahui pembelajaran daring mata pelajaran fisika di SMK Negeri Sumatera Selatan Palembang. Metode yang digunakan yaitu deskriptif. Sampel penelitian ini merupakan peserta didik SMK Negeri Sumatera Selatan Palembang. Data dikumpulkan dengan memberikan angket yang disebarkan dengan menggunakan Google form. Hasil survei menunjukkan terdapat beberapa kesulitan yang dirasakan oleh peserta didik selama pembelajaran fisika secara daring dilakukan diantaranya sulit untuk interaktif, pembelajaran cenderung pada penugasan serta media pembelajaran yang digunakan dominan monoton. Selain itu, sebanyak 91,7% hasil survei menyatakan setuju dengan pembelajaran yang dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun. Konten pembelajaran fisika yang diinginkan peserta didik diantaranya terdapat gambar, video, audio dan teks. Hasil penelitian ini menunjukkan perlu dikembangkan e-learning fisika sesuai dengan hasil survei yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran di SMK Negeri Sumatera Selatan Palembang
Kata kunci: Pembelajaran daring, Pandemi covid-19, Pembelajaran Fisika, Kesulitan belajar fisika.
Full Text:
PDFReferences
Adita, A., & Julanto, T. (2016). Penyusunan Virtual Laboratory Sebagai Media Pembelajaran Biologi. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 3(2), 69–73. http://jurnalppkm.unsiq.ac.id/index.php/ppkm/article/view/82
Agustina, I., Astuti, D., & Bhakti, Y. B. (2018). Interactive Learning Multimedia Based Microsoft Excel on the Temperature and Heat. Unnes Science Education Journal, 7(1), 1–6. https://doi.org/10.15294/usej.v7i1.21355
Aminoto, T., & Pathoni, H. (2014). Penerapan Media E-Learning Berbasis Schoology untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Usaha dan Energi di Kelas XI SMA N 10 Kota Jambi. 8(1), 13–29.
Chania, D. M. P., Medriati, R., & Mayub, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Melalui Pendekatan Stem Berorientasi Hots Pada Materi Usaha Dan Energi. Jurnal Kumparan Fisika, 3(2), 109–120. https://doi.org/10.33369/jkf.3.2.109-120
Hartanto, H., Marlina, L., & Wiyono, K. (2021). Pengembangan E-Schoology Materi Getaran dan Gelombang untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(2), 211. https://doi.org/10.20527/jipf.v5i2.3759
Hartawan, I. K. A., Tastra, I. D. K., & ... (2014). Pengembangan portal e-learning berbasis moodle pada mata pelajaran fisika kelas x di sma dwijendra denpasar. Jurnal Edutech …, 1. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/3588
Haruna, N. A., Setiawan, D. G. E., & Odja, A. H. (2021). Penerapan E-Learning Menggunakan Media Edmodo dalam Pembelajaran Fisika Berbasis Nilai Karakter untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Konsep Usaha dan Energi. Physics Education Research Journal, 3(1), 65–74. https://doi.org/10.21580/perj.2021.3.1.6737
Herayanti, L., Fuaddunnazmi, M., & Habibi, H. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Moodle. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 3(2), 197. https://doi.org/10.29303/jpft.v3i2.412
Mtebe, J., & Kondoro, A. (2019). Mining Students’ Data to Analyse Usage Patterns in eLearning Systems of Secondary Schools in Tanzania. Journal of Learning for Development, 6(3), 228–244.
Napaswati. (2020). Analisis Situasi Pembelajaran IPA Fisika dengan Metode Daring di Tengah Wabah COVID-19 (Studi Kasus Peserta Didik MTS DDI Seppange Kabupaten Bone). Karst Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 3(1), 6–12. https://ejournals.umma.ac.id/index.php/karts/article/view/546
Prayudi, L. M. E., Sahidu, H., & Gunawan, G. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual Dengan Pendekatan Metakognitif Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas Xi Ipa Di Sman 1 Gerung Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 3(1), 55. https://doi.org/10.29303/jpft.v3i1.324
Rante, P., Sudarto, & Ihsan, N. (2013). Pengembangan multimedia pembelajaran fisika berbasis audio-video eksperimen listrik dinamis di smp. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(2), 203–208. https://doi.org/10.15294/jpii.v2i2.2724
Sunarti, S., & Rusilowati, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Digital Gerak Melingkar Berbantuan Scratch Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics. Unnes Physics Education Journal, 3(3), 77–83.
Syafei, I., Saregar, A., Hairul, Thahir, A., Sari, P. M., & Anugrah, A. (2020). E-learning with STEM-Based Schoology on Static Fluid Material. Journal of Physics: Conference Series, 1467(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1467/1/012052
Wahyudi, I. (2017). Pengembangan Program Pembelajaran Fisika SMA Berbasis E-Learning dengan Schoology. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(2), 187–199. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i2.1850
Wiyono, K., Pasaribu, A., Afriani, A., Pratiwi, S., & Zakiyah, S. (2020). Online Instruction : A Survei of High School Physics Teachers. Atlantis Press, 513, 767–774.
Article Metrics
Abstract view : 242 timesPDF - 167 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.