SURVEI KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP DALAM PEMBELAJARAN IPA

Zahara Lutfiya Azmi, Apit Fathurohman, Leni Marlina

Abstract


Penelitian ini merupakan studi pendahuluan keterampilan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui gambaran awal keterampilan berpikir kritis siswa SMP dalam pembelajaran IPA. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan menggunakan Google Form. Subjek penelitian kelas VII-3 SMP Negeri 59 Palembang sebanyak 34 siswa. Berdasarkan survei yang telah dilakukan diperoleh hasil 34% munculnya indikator memberikan penjelasan, sebanyak 47% yang muncul pada siswa dalam indikator membangun keterampilan dasar, indikator menyimpulkan sebanyak 41%, 44% pada memberikan penjelasan lanjut, dan sebanyak 12% indikator mengatur strategi dan taktik yang muncul pada siswa. Dengan demikian gambaran awal siswa dalam keterampilan berpikir kritis siswa SMP pada pembelajaran IPA masih kurang. Adapun saran untuk penelitian lebih lanjut adalah untuk melakukan suatu upaya yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP pada pembelajaran IPA.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 591 times
PDF - 481 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.