PENGEMBANGAN ALAT PERAGA PESAWAT SEDERHANA JENIS TUAS GOLONGAN PERTAMA UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Wahyu Pradana Irjayanto, Andreas Au Hurit, Agus Kichi Hermansyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat peraga bernama pesawat sederhana jenis tuas golongan pertama yang digunakan pada pembelajaran IPA Terpadu untuk kelas V Sekolah Dasar dengan kategori layak dan praktis. Penelitian ini merupakan Research & Development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE dengan lima tahapan yaitu tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi dan yang terakhir adalah tahap evaluasi. Dalam penelitian pengembangan ini peneliti mengembangkan sebuah alat peraga di mana alat peraga tersebut telah melalui berbagai tahapan hingga menunjukkan nilai positif/praktis dan layak untuk digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan alat peraga yang pesawat sederhana jenis tuas golongan pertama telah layak dan praktis untuk digunakan. Hal tersebut terbukti dari hasil rekapitulasi uji kevalidan/kelayakan oleh validator materi dan media pembelajaran yang menunjukkan tingkat pencapaian nilai sebesar 75,545% dengan kategori layak/valid dan hasil rekapitulasi dari respon kepraktisan oleh tiga orang siswa yang menunjukkan tingkat pencapaian nilai sebesar 90,007% dengan kategori sangat positif/sangat praktis.

Full Text:

PDF

References


Hermansyah, A. K. (2016). MEDIA PEMBELAJARAN PENGHANTAR BERPOLA PIKIR GLOBAL Instructional Media As Conductor To Global Mindset. Prosiding Seminar Nasional II Tahun 2016, Kerjasama Prodi Pendidikan Biologi FKIP Dengan Pusat Studi Lingkungan Dan Kependudukan (PSLK) Universitas Muhammadiyah Malang Malang, 26 Maret 2016, 198–212.

Hurit, A. A., & Harmawati, D. (2019). Analisis Kesiapan Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013 di SD Inpres Gudang Arang Merauke. Musamus Journal of Primary Education, 116–123. https://doi.org/10.35724/musjpe.v1i2.1469

Nasution. (n.d.). Didaktik Asas-Asas Mengajar. PT Bumi Aksara.

Nur, A. S., Nggaruaka, T., & Hermansyah, A. K. (2019). PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BACA TULIS HITUNG (CALISTUNG) BAGI MASYARAKAT DI DISTRIK ULILIN. Sarwahita, 16(02), 105–115. https://doi.org/10.21009/sarwahita.162.02

Prastowo, A. (2015). Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) tematik terpadu implementasi kurikulum 2013 untuk SD/MI. Prenadamedia Group.

Rahayu, D. P. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Bangun Datar di Kelas III Sekolah Dasar. Musamus Journal of Primary Education, 061–072. https://doi.org/10.35724/musjpe.v1i2.1464

Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya.

Susanto. (2016). Teori-teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenada Media Group.


Article Metrics

Abstract view : 491 times
PDF - 333 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.