MISKONSEPSI MAHASISWA CALON GURU FISIKA PADA MATA KULIAH IPBA MATERI PERIODE ORBIT BULAN MENGELILINGI BUMI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis miskonsepsi mahasiswa calon guru fisika pada mata kuliah ipba materi periode orbit bulan mengelilingi bumi. Penelitian ini dilakukan pada 64 Mahasiswa calon guru fisika di Universitas Sriwijaya. Sebagai alat pengumpulan data digunakan instrument penelitian tes diagnostik LPCI (Lunar Phases Inventory Concept) berupa soal-soal pilihan ganda sebanyak 20 soal disertai alasan terbuka dan dilengkapi dengan CRI (Certainty of Response Index) dengan skala 0-5. Tes seperti ini juga disebut sebagai tes dengan tiga tingkatan (three tier test). Diperoleh bahwa skor rata-rata mahasiswa dari hasil tes tersebut cukup baik yaitu 69,27%. Selain itu, diperoleh juga sebanyak 18,75% mahasiswa mengalami miskonsepsi pada materi periode orbit bulan mengelilingi bumi, sebanyak 24,48% mahasiswa tidak paham konsep, dan sebanyak 56,77% mahasiswa memahami konsep.
Kata kunci: miskonsepsi, IPBA, materi periode orbit Bulan mengelilingi Bumi, CRI, LPCI, Three Tier Test.
Full Text:
PDFReferences
Ansori, dkk. 2013. Analisis Kurikulum Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa Pada Jenjang Sekolah Menengah Atas. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika 1 (2013) 76-83.
Aprilia, Suci dkk. 2015. Analisis Pemahaman Konsep Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Pada Pokok Bahasan Gerak Harmonik Sederhana. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika Vol.1. No.1. Edisi Mei 2014 ISSN: 2355-7109
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Fatmi, N. (2018). Analisis Miskonsepsi Materi Mekanika Pada Mahasiswa Calon Guru Melalui Force Concept Inventory dan Certainty of Response Index. 06(02), 90-94.
Gumay, O. P. U. 2021. Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas X Pada Materi Gerak. Silampari: Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 3(1): 58-69.
Gustini, H. (2013). Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Sriwijaya Pada Materi Mekanika. skripsi.
Heriyanti, A., & Gumay, O. P. U. (2018). Penerapan Model Direct Instruction pada Pembelajaran Fisika. SPEJ (Science and Physic Education Journal), 2(1), 30-35.
Hidayati. (2016). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Kelas X Pada Materi Elastisitas Dan Hukum Hooke Di SMA Negeri1 Indralaya. skripsi.
Juhji. (2017). Upaya Mengatasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Sistem Saraf Melalui Penggunaan Peta Konsep. Jurnal Formatif. 7(1): 33-39.
Kanli, U. (2014). A study on identifying the misconceptions of pre-service and in-service teachers about basic astronomy concept. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 471-479.
Law, J. F. & Treagust, D. F. 2010. Diagnosis of Student Understanding of Content Specific Science Areas Using On-Line Two-Tier Diagnostic Tests. Australia: Curtin University of Technology.
Meilani, E. (2021). Efektifitas Media Pembelajaran Aplikasi Android Berbasis Teori Perubahan Konseptual Pada Materi Tata Surya dan Fase Bulan Mata Kuliah IPBA. skripsi.
Muna, Izza Auliyatul. 2016. Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa PGMI pada Konsep Hukum Newton Menggunakan Certainty of Response Index (CRI). Cendekia 13 (2), 309-322.
Novitasari, F., Supriadi, B., & Maryani, M. (2019). Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Angkatan 2018 Universitas Jember Pada Pemahaman Konsep Listrik Statis dan Dinamis. Jurnal Pembelajaran Fisika, 8(4), 222-225.
Nursefriani, P. M. (2016). Analisis Pemahaman Konsep Siswa SMA Lab-School Palu Pada Materi Hukum Newton. Skripsi.
Risch, M. (2014). Investigation About Representations Used In Teaching To Prevent Misconceptions Regardigiverse Propotionality. Journal of STEM education.
Sneider, C., Bar, V. & Kavanagh, C. (2011). Learning about Seasons: A Guide for Teachers and Curriculum Developers. The American Astronomical Society. 10(1), https://doi.org/10.3847/AER2010035.
Syuhendri, S. (2010). Pembelajaran Perubahan Konseptual: pilihan penulisan skripsi mahasiswa. In Forum MIPA (Vol. 13, No. 2, pp. 133-140). Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Universitas Sriwijaya.
Syuhendri, S. (2017). Pengembangan teks perubahan konseptual (tpk) untuk pengajaran perubahan konseptual. In Seminar Nasional Pendidikan IPA (Vol. 1, No. 1, pp. 682-691).
Syuhendri, S. (2019). Student teachers’ misconceptions about gravity. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1185, No. 1, p. 012047). IOP Publishing.
Syuhendri,S., Andriani, N., & Saparini. (2019). Pemahaman Konsep dan Miskonsepsi Mahasiswa Calon Guru Pada Hukum Kepler. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran (Vol. 3, No. 2, pp. 261-275).
Syuhendri, S., Andriani, N., & Taufiq, T. (2019). Preliminary development of conceptual change texts regarding misconceptions on basic laws of dynamics. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1166, No. 1, p. 012013). IOP Publishing.
Trundle, K. C., Atwood, R. K., & Christopher, J. E. (2007). A longitudinal study of conceptual change: Preservice elementary teachers’ conceptions of moon phases. Journal of Research in Science Teaching, 44(2), 303-326.
Utari, Puri Gina. 2020. Pengembangan dan Penerepan Six-Tier Astronomy Diagnostic Test (STADT) Untuk Menganalisis Miskonsepsi Mahasiswa. tesis.
Winarni, E. W. 2021. Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R & D. Jakarta: Bumi Aksara
Yunita. (2017). Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa Calon Guru Fisika Pada Pokok Bahasan Rangkaian Listrik Melalui Certainly Of Response Index. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (SNP) Unsyiah, (hal. B94-B102). Banda Aceh, Indonesia
Zahrah, Fihrin, & Kendek, Y. (2017). Analisis Kemampuan Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Palu Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Kategori Analisis Pada Konsep Dinamika Partikel. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako, 5(2), 35-37.
Article Metrics
Abstract view : 705 timesPDF - 655 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.