PENINGKATAN BERAT IKAN GURAMI SEBAGAI PEMBELAJARAN DI ERA PANDEMI COVID 19

Nur Habibillah, K Anom W, Jejem Mujamil

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan Modul Pembelajaran Kimia Terintegrasi STEM-PBL Topik Pakan Penambahan Berat Ikan Gurami di era pandemi covid 19 yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengambangan dengan model Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation  yang dikombinasikan dengan evaluasi formatif Tessmer. Pada tahap expert review menghasilkan rata-rata nilai koefisien Aiken sebesar 0,86 dengan katagori tinggi. Rata-rata skor praktikalistas uji one to one memperoleh nilai 98,8% dengan kategori sangat praktis dan uji small group memperoleh nilai 96,42%  dengan kategori sangat praktis. Keefektifan modul yang dihasilkan pada tahap field test dengan menggunakan pengukuran N-Gain, diperoleh skor rata-rata yaitu 0,87 masuk kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan Modul Pembelajaran Kimia itu tergolong valid, praktis dan efektif sebagai uji terbatas.

Kata kunci: Penelitian Pengembangan, Modul Pembelajaran Kimia, Kewirausahaan, STEM-PBL, Ikan Gurami.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 161 times
PDF - 128 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.