ANALISIS SELF REGULATION GURU BIOLOGI SMA NEGERI KOTA PEKANBARU

Riki Apriyandi Putra, Febblina Daryanes

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis self regulation Guru Biologi SMA Negeri Kota Pekanbaru. Populasi pada penelitian ini yaitu semua guru Biologi SMA Negeri Kota Pekanbaru. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Jumlah sampel sebanyak 60 guru biologi SMA Negeri Kota Pekanbaru. Penelitian ini merupakan merupakan penelitian deskriptif, dengan metode survey. Data dikumpukan dengan menggunakan e-kuesioner (google form) dan pedoman wawancara. Pengumpulan data dilakukan melalui summative response scale, dengan menggunakan skala Likert yang dimodifikasi dengan 4 pilihan jawaban. Hasil analisis data menunjukan bahwa 86,8% guru sudah memiliki self regulation sangat baik. Khusus indikator mengenali dan menggunakan sumber-sumber informasi yang diperlukan, merupakan indikator yang memiliki jumlah persentase tertinggi (90%). Hal tersebut menunjukkan bahwa guru-guru Biologi SMA Negeri Kota Pekanbaru selalu mempersiapkan sumber-sumber yang diperlukan sebelum memulai suatu pekerjaan. Guru selalu mencari sumber-sumber yang sesuai dan apabila sumber yang diperlukan tidak tersedia, maka akan mencari ketempat lain dimana informasi tersebut dapat ditemukan. Guru-guru juga memikirkan dan merencanakan penggunaan berbagai sumber informasi untuk menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 344 times
PDF - 279 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.