PENGEMBANGAN EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS ISPRING PADA MATA PELAJARAN FISIKA POKOK BAHASAN BESARAN DAN SATUAN UNTUK SMA KELAS X
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan evaluasi pembelajaran berbasis Ispring pada mata pelajaran fisika pokok bahasan besaran dan satuan untuk SMA kelas X yang valid dan praktis. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (development research) dengan model pengembangan Rowntree yang terdiri dari tiga tahap, yaitu: 1) tahap perencanaan; 2) tahap pengembangan; dan 3) tahap evaluasi mengadaptasi model evaluasi formatif Tessmer yang terdiri dari lima tahap, yaitu: (1) self evaluation; (2) expert review; (3) one-to-one evaluation; dan (4) small group. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi ahli dan angket tanggapan siswa. Berdasarkan hasil expert review dengan persentase total skor dari validator sebesar 93% termasuk ke dalam kategori sangat valid. Kemudian berdasarkan hasil angket tanggapan siswa pada tahap one-to-one evaluation persentase rerata 97 % dan pada tahap small group persentase rerata 90%, sehingga diperoleh persentase rerata total keseluruhan 93,5%. dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa mengembangkan evaluasi pembelajaran berbasis Ispring pada mata pelajaran fisika pokok bahasan besaran dan satuan untuk SMA kelas X yang dikembangkan telah sangat valid dan sangat praktis.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 587 timesPDF - 478 times