KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS MAHASISWA CALON GURU FISIKA FKIP UNIVERSITAS SRIWIJAYA PADA MATERI DINAMIKA PARTIKEL

Eka Badiatul Kharimah, Kistiono Kistiono, Sardianto Markos Siahaan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir analitis mahasiswa calon guru Pendidikan Fisika FKIP Universitas Sriwijaya pada materi dinamika partikel. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Sriwijaya dengan melibatkan 48 mahasiswa yang telah mengambil mata kuliah mekanika pada tahun akademik 2020/2021 sebagai sampel. Pengumpulan data dilakukan secara daring dengan menggunakan instrumen berupa tes uraian berstruktur yang berjumlah sembilan pertanyaan. Berdasarkan analisis data, menunjukkan kemampuan berpikir analitis mahasiswa calon guru fisika tergolong kategori rendah dengan masing-masing persentase indikator proses kognitifnya yaitu indikator membedakan 34,33%, indikator mengorganisasikan 14,06%, dan indikator menghubungkan 15,27%.

Kata kunci: Berpikir analitis; tes uraian terstruktur; hukum Newton dan gaya.


Full Text:

PDF

References


Ananda, Rusydi, dan Tien Rafida. 2017. Pengantar Evaluasi Program Pendidikan. ed. Candra Wijaya. Medan: Perdana Publishing.

Anderson, Lorin W., dan David R. Krathwohl. 2015. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen: Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Terjemahan Oleh Agung Prihantoro. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Anggereni, Santih, Rismawati, dan Hasbullahair Ashar. 2019. “Perbandingan Pengetahuan Prosedural Menggunakan Model Discovery Terbimbing dengan Model Inquiry Terbimbing.” Jurnal Pendidikan Fisika 7(2): 156–61.

Arda. 2020. “Kemampuan Kognitif Mahasiswa Tadris IPA IAIN Palu pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPA.” Jurnal Pembelajaran Matematika dan Sains 1(1): 33–37.

Astriani, Dyah, Herawati Susilo, Hadi Suwono, dan Betty Lukiati. 2017. “Profil Keterampilan Berpikir Analitis Mahasiswa Calon Guru IPA dalam Perkuliahan Biologi Umum.” Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 2(1): 66–70.

Darmawan, I Putu Ayub, dan Edy Sujoko. 2013. “Revisi Taksonomi Pembelajaran Benyamin S. Bloom.” Satya Widya 29(1): 30–39.

Dewi, Dian Ayunita Nugraheni Nurmala. 2018. Modul Uji Validitas Dan Reliabilitas. Semarang: Universitas Diponegoro.

Dwirahayu, Gelar, dan Firdausi. 2016. “Pengaruh Gaya Berpikir Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Mahasiswa.” JPPM 9(2): 210–21.

Hardani dkk. 2020. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. ed. Husnu Abadi. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Hasyim, Faiz. 2019. “Mengukur Kemampuan Berpikir Analitis dan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Calon Guru Fisika STKIP Al Hikmah Surabaya.” JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran) 2(1): 80–89.

Marini MR. 2014. “Analisis Kemampuan Berpikir Analitis Siswa dengan Gaya Belajar Tipe Investigatif dalam Pemecahan Masalah Matematika.” Artikel Ilmiah: 1–10.

Ngazizah, Nur dkk. 2020. “Analisis Kemampuan HOTS Melalui PJBL di Masa Pademi Covid-19 Mahasiswa Semester 2 pada Mata Kuliah IPA Lanjut.” Jurnal IPA Terpadu 4(1): 90–99.

Nilah, dan Liszulfah Roza. 2020. “Analisis Kemampuan Berpikir Analitis dan Evaluasi dalam Pembelajaran Fisika pada Topik Usaha Dan Energi.” Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF 2020, , 75–82.

Nurilyasari, Dita Fitrin, Abu Zainuddin, dan Putri Ammimasari Hariyanto. 2018. “Analisis Keterampilan Pemecahan Masalah Pada Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Negeri Surabaya Materi Dinamika Gerak Partikel.” JRPF (Jurnal Riset Pendidikan Fisika) 3(1): 15–21.

Puspendik. 2019. Panduan Penilaian Tes Tertulis. ed. Deni Hadiana. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan.

Putri, Sindhu Madya Zakyratka, C. Cari, dan W. Sunarno. 2019. “Analysis of Analytical Thinking and Misconceptions on the Concepts of Heat and Temperature on Physics Students.” J. Phys.: Conf. Ser. 1233 012031, IOP Publishing, 0–8.

Thaneerananon, Taveep, Wannapong Triampo, dan Artorn Nokkaew. 2016. “Development of a Test to Evaluate Students’ Analytical Thinking Based on Fact versus Opinion Differentiation.” International Journal of Instruction 9(2): 123–38.

Widiyastuti, Erni, dan Akhmad Jazuli. 2018. “Deskripsi Kemampuan Berpikir Analitik Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika.” The 8th University Research Colloquium 2018 Universitas Muhammadiyah Purwokerto: 401–9.

Winarti. 2015. “Profil Kemampuan Berpikir Analitis dan Evaluasi Mahasiswa dalam Mengerjakan Soal Konsep Kalor.” Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika 2(1): 19–24.

Yulina, I. K., A. Permanasari, H. Hernani, dan W. Setiawan. 2019. “Analytical Thinking Skill Profile and Perception of Pre-Service Chemistry Teachers in Analytical Chemistry Learning.” J. Phys.: Conf. Ser. 1157 042046, , 0–7.

Yusuf, Irfan, dan Sri Wahyu Widyaningsih. 2018. “Profil Kemampuan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal HOTS di Jurusan Pendidikan Fisika Universitas Papua.” Jurnal Komunikasi Pendidikan 2(1): 42–49.

Yuwono, Galih Rinekso, Widha Sunarno, dan Nonoh Siti Aminah. 2020. “Pengaruh Kemampuan Berpikir Analitis pada Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) Terhadap Hasil Belajar Ranah Pengetahuan.” EDUSAINS 12(1): 106–12.


Article Metrics

Abstract view : 465 times
PDF - 303 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.