KAJIAN KUALITAS AIR DAN KAPASITAS PENGALIRAN SUMUR BOR DANGKAL DI DAERAH PASANG SURUT SUNGAI LILIN (Studi Kasus Taman Pertanian

Yaswan Karimuddin, Probowati Sulistiyani, Putu Ratmini

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengkaji potensi sumberdaya air yang ada dan kualitas air untuk irigasi pada area Teknologi Pertanian Sungai Lilin. Penelitian lapangan dilakukan pada bulan Juni 2017. Metode penelitian adalah metode survai detil. Analisis  sifat fisik tanah menunjukkan ruang pori total tanah berkisar antara 42-45%, dengan tekstur adalah lempung berpasir di bagian atas dan liat mulai kedalaman 50 cm. Pemanfaatan air tanah dilakukan dengan membuat sumur bor sampai kedalaman 50m.

Hasil uji uperasi pompa menunjukan debit aliran  dimusim kemarau adalah 0,52 liter/detik dengan kapasitan pompa maksimal beroperasi adalah 3 jam. Artinya volume air terkumpul selama 3 jam adalah 5.616 liter, atau sama dengan 5,6 m3 air.  Kapasitas masih terlalu kecil. Untuk satu kali  pengisian kolam dengan ukuran 10 x 10 dengan kedalaman 4 m, memerlukan operasi pompa selama 8 hari. Kualitas air tanah memenuhi kriteria standar irigasi hanya saja nilai pH adalah 4,0 sehingga diperlukan peningkatan menjadi pH 5-6. Upaya pemurnian bisa dengan memberikan zat adatif seperti sekam padi atau kapur.

Analisis keseimbangan air menunjukkan, pada posisi musim kemarau pengisian praktis hanya bisa bersumber dari sumur bor, sehingga diperlukan pemilihan tanaman yang bernilai ekonomis seperti cabai, semangka dan melon. Untuk kondisi iklim normal pengairan bisa dilakukan dari air kolam yang mendapat pengisian dari air pasang sungai.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 350 times
PDF - 1664 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.