PENGARUH METODE DIRECTED READING THINGKING ACTIVITY (DRTA) TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS SISWA KELAS XI MAN 2 PALEMBANG
Abstract
Abstrak: Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh metode Directed Reading Thingking Activity (DRTA) terhadap kemampuan memahami teks eksplanasi kompleks siswa kelas XI MAN 2 Palembang. Metode eksperimen semu digunakan dalam penelitian ini. Sementara itu, dalam mentukan sampel penelitian menggunaan sampel bertujuan. Berdasarkan penentuan sampel terdapat 70 siswa sebagai sampel penelitian yaitu 35 siswa kelas XI IIS 2, mendapat perlakuan menggunakan metode DRTA dan 35 siswa kelas XI IIS 4 yang mendapat perlakuan menggunakan metode saintifik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan pengolahan data menggunakan perhitungan uji-t dengan program SPSS 20. Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan hasil tes antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata tes awal 66,14 sedangkan kelas kontrol nilai rata-rata tes awal 66,26. Sementara itu, nilai rata-rata tes akhir kelas eksperimen 83,29 dan kelas kontrol 70,29. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan memahami teks eksplanasi kompleks siswa kelas XI MAN 2 Palembang pada kelas eksperimen terdapat pengaruh yang signifikan. Oleh karena itu, metode DRTA berpengaruh dalam pembelajaran memahami teks eksplanasi kompleks siswa kelas XI MAN 2 Palembang.
Kata Kunci: Pengaruh, Metode DRTA, Memahami teks eksplanasi
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Yunus. (2012). Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter.
Bandung: PT Refika Aditama.
Elvira, S., Nurlaksana, E. R., & Siti, S. (2015). Pembelajaran menyususn teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri Bandar Lampung. Jurnal Kata Universitas Lampung .http://download.portalgaruda.org/article.php.
Diakses pada 16 Januari 2017
Gewati, Mikhael. (2016). Minat baca Indonesia ada di urutan ke-60 Dunia.
Kompas.com. Online. http://edukasi.kompas.com/read/2016/08/29/ 0717 5131/ minat.baca.indonsia.ada.di.urutan.ke-60.dunia. Diakses pada 6 Oktober 2017
Kemendikbud. (2013). Kurikulum 2013 Kompetensi Dasar Sekolah Menegah Atas/ Madrasah Aliyah. Jakarta: Kemendikbud
Kemendikbud. (2014). Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik. Jakarta: Kemendikbud.
Nurhadi. (2008). Membaca Cepat dan Efektif. Bandung: Sinar Baru Algensido.
Nurhayati. (2008). Berbagai strategi pembelajaran bahasa dapat meningkatkan
kemampuan berbahasa siswa. Lingua: Jurnal Bahasa dan Sastra, 2(9), 110-116
Rahim, Farida. (2011). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar.Jakarta:
Bumi Aksara.
Saputri, Chintya, F.H. (2015). Efektivitas strategi directed reading -thinking
Activity (drta) untuk pembelajaran membaca pemahaman teks ekplanasi
Pada siswa kelas vii smp negeri 1 parakan temanggung. http://eprints.uny.ac.id. Diakses pada 27 Januari 2017.
Soedarso. (2010). Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: Gramedia
Pustaka Utama.
Subadiyono. (2011). Peningkatan Pemahaman Bacaan dengan Menggunakan Pendekataan Interaktif. Yogyakarta: Pohon Cahaya.
Article Metrics
Abstract view : 491 timesPDF - 522 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.