PENGGUNAAN MEDIA POP UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA SMP MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG

Supriatini Supriatini

Abstract


Pendidikan sekolah bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai dengan amanah Undang-Undang Dasar 1945 yang selalu berkembang sesuai ilmu pengetahuan dan teknologi. Begitu juga, perkembangan media pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam belajar. Berbagai media pembelajaran, yang ada dalam pembelajaran selalu dapat digunakan guru, salah satunya adalah media pembelajaran Pop Up Book. Pop Up Book merupakan buku yang di dalamnya jika dibuka maka muncul gambar atau tulisan yang timbul (tiga dimensi). Masalah yang terdapat dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan media Pop Up Book untuk meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelasVII SMP Muhammadiyah 1 Palembang dapat digunakankan? Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menggunakan media Pop Up Book untuk meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi siswa SMP Muhammadiyah 1 Palembang. Objek penelitian diambil dari kelas VII yang berjumlah 31 siswa yang terdiri dari 10 laki-laki dan 21 perempuan. Berdasarkan hasil data tes essai prasiklus yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) terdapat 2 (6,45%) siswa, siklus 1 sebanyak 18 (58,06%) siswa, dan siklus 2 sebanyak 30 (96,77%) siswa. Dari hasil penelitian ini, nilai tertinggi dari prasiklus sampai dengan siklus 2 yang diperoleh siswa adalah 88 dan nilai terendah adalah 50 dengan nilai rata-rata yang diperoleh pada prasiklus 59,70, siklus 1 sebesar 73, serta siklus 2 sebesar 79,22. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa siswa kelas VII.A SMP Muhammadiyah 1 Palembang terampil menulis teks deskripsi dengan media pembelajaran Pop Up Book dan terbukti kebenarannya sesuai dengan pengujian hasil hipotesis. Oleh karena itu, peneliti menyarankan pada guru Bahasa Indonesia agar memberikan materi pelajaran dengan media yang bervariasi. Kemudian, peneliti juga menyarankan untuk siswa lebih meningkatkan lagi minat dalam belajar bahasa Indonesia khususnya materi menulis teks deskripsi. Kata kunci: penggunaan, media pop up book, teks deskripsi

 


Full Text:

PDF

References


Dakir. 2010. Perencanaan & Pengembangan Kurikulum. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dalman. 2016. Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Daryanto. 2015. Media Pembelajaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Departemen Pendidikan Nasional. 2015. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi IV. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

Nasution. S. 2010. Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Saddhono, Kunandar dan Slamet St. Y. 2014. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia; Teori dan Aplikasi Edisi 2. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sudjana, Nana dan Rivai, Ahmad. 2015. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sukardi. 2016. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Tarigan, Hendri Guntur. 2013. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.


Article Metrics

Abstract view : 325 times
PDF - 406 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.