PENGARUH PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA SRIJAYA NEGARA PALEMBANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan konstruktivisme terhadap pembelajaran memahami teks eksposisi siswa kelas X SMA Srijaya Negara Palembang. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Sampel penelitian ada dua kelas yaitu kelas X IPS 2 sebagai kelas eksperimen berjumlah 35 siswa dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme dan X IPS 1 sebagai kelas kontrol berjumlah 33 siswa dengan menggunakan pendekatan konvensional. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes, teknik analisis data dengan analisis uji-t menggunakan program SPSS 20. Hasil penelitian ini menujukkan perbedaan hasil tes antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata tes awal kelas eksperimen sebesar 54,34 dan nilai rata-rata tes akhir kelas eksperimen sebesar 77,43 terdapat peningkatan nilai (gain score) sebesar 23,09. Sedangkan nilai rata-rata tes awal kelas kontrol sebesar 52,64 dan nilai rata-rata tes akhir kelas kontrol sebesar 67,73 terdapat peningkatan nilai (gain score) sebesar 13,09. Nilai rata-rata antara tes awal dan tes akhir menunjukkan peningkatan pada kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol. Hal ini dapat dilihat dari pengujian uji-t menunjukkan bahwa thitung> ttabel atau 0,05 > ,000 pada tingkat signifikansi 95% (α=0,05). Dengan demikian, penelitian dapat disimpulkan pendekatan konstruktivisme berpengaruh terhadap kemampuan memahami teks eksposisi siswa kelas X SMA Srijaya Negara Palembang. Kata kunci: pendekatan konstruktivisme, konvensional, teks eksposisi
Full Text:
PDFReferences
Dalman. (2017). Keterampilan membaca. Jakarta:PT RajaGrafindo Persada.
Emzir. (2015). Metodologi penelitian pendidikan kuantitatif & kualitatif. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Indrawati, S. (2007). Peningkatan kemampuan bernalar melalui pembelajaran konstruktivisme.Jurnal Pembangunan Manusia, 5, 1─12. Diperoleh dari http://SriIndrawati-GoogleScholarCitations.go.id, diakses pada tanggal 6Maret 2018.
Murdiyati, S., Widodo, M., & Samhati, S. (2014). Peningkatan kemampuan menulis teks argumentatif melalui pendekatan konsturktivisme siswa Kelas X, J-SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, -, 1-9.
http://digilib.unila.ac.id/, diakses pada tanggal 19 Maret 2018.
Subadiyono. (2016). Pembelajaran membaca. Palembang: Noer Fikri.
Sudijono, A. (2015). Pengantar evaluasi pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wina, S. (2016). Strategi pembelajaran: berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana.
Wardoyo, S. M. (2015). Pembelajaran konstruktivisme teori dan aplikasi pembelajaran dalam pembentukan karakter. Bandung: Alfabeta.
Article Metrics
Abstract view : 304 timesPDF - 139 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.