TEORI OREM DALAM KONTEKS PERAWATAN ANAK: TINJAUAN LITERATUR INTEGRATIF

Arie Kusumaningrum, Diva Aliya Dwi Asa, Rasti Tiara Aprilia, Nabilah Qonita, Shasha Intan Nesha, Septia Dwi Cahyani, Nabilah Nurfaadiah Farouk, Salma Salma

Abstract


keperawatan anak. Tujuan utamanya adalah untuk mengidentifikasi pola penggunaan, menilai efektivitas teori dalam meningkatkan perawatan diri dan hasil kesehatan anak, serta mengungkap potensi adaptasi atau kesenjangan yang relevan dalam konteks keperawatan pediatrik. Metode: Tinjauan ini menggunakan pendekatan integratif. Prosesnya mencakup identifikasi masalah, pencarian literatur, evaluasi, analisis data, dan penyajian hasil. Literatur yang ditinjau mencakup publikasi antara tahun 2000-2022, dengan pencarian dilakukan di tujuh basis data elektronik, Google Scholar, dan penelusuran manual referensi. Artikel disaring sesuai kriteria inklusi dan eksklusi, serta dinilai kualitasnya dengan pendekatan kolaboratif oleh tujuh peninjau. Tinjauan ini mengikuti pedoman PRISMA 2020 dalam pelaporannya. Hasil: Tinjauan ini menemukan bahwa Teori Perawatan Diri Orem diterapkan secara efektif dalam keperawatan anak untuk memberdayakan anak dan keluarga, meningkatkan perawatan diri dan hasil kesehatan pada kondisi seperti anemia, obesitas, dan penyakit kronis. Program pendidikan dan alat digital berperan penting dalam meningkatkan perawatan diri. Simpulan: Penerapan teori Orem dengan pemberian intervensi pendidikan kesehatan, dukungan emosional, dan pemantauan kondisi, berkontribusi pada peningkatan kemampuan anak dalam melakukan perawatan diri.

Kata kunci: Teori Orem, Self-Care, Nursing Care, Child


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 42 times
PDF - 37 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P ISSN : 2477-1597

E ISSN : 2685-4449