PENGARUH MEDIA VIDEO TERHADAP PENGETAHUAN MAHASISWA PENDIDIKAN JASMANI TENTANG PERTOLONGAN PERTAMA CEDERA SPRAIN
Abstract
Cedera sprain merupakan salah satu cedera yang sering terjadi pada olahragawan, cedera sprain jika tidak ditangani dengan tepat dapat menyebabkan berbagai efek samping. Pertolongan pertama pada cedera sprain adalah dengan menggunakan metode RICE (Rest, Ice, Compression, Elevation). Aktivitas yang dilakukan mahasiswa pendidikan jasmani banyak berhubungan dengan kegiatan olahraga yang dapat menimbulkan risiko mengalami cedera, sehingga diperlukannya pengetahuan tentang pertolongan pertama cedera. Salah satu upaya untuk meningkatkan pengetahuan tentang pertolongan pertama cedera adalah melalui edukasi kesehatan menggunakan media video. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi kesehatan menggunakan media video terhadap pengetahuan mahasiswa pendidikan jasmani tentang pertolongan pertama cedera sprain menggunakan metode RICE. Penelitian ini merupakan penelitian pre experimental menggunakan one group pretest-posttest design. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah sebanyak 30 responden diambil menggunakan metode non probability sampling yaitu purposive sampling yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Analisis data menggunakan uji statistik Wilcoxon sign rank test didapatkan p value 0,000 yang berarti terdapat pengaruh edukasi menggunakan media video terhadap pengetahuan mahasiswa pendidikan jasmani tentang pertolongan pertama cedera sprain menggunakan metode RICE. Responden dapat memahami informasi dengan baik dikarenakan media video melibatkan elemen suara dan elemen gambar yang dapat dilihat dalam bentuk video dan melibatkan berbagai indra. Media audiovisual efektif meningkatkan pengetahuan mengenai pertolongan pertama cedera sprain sehingga media ini dapat digunakan sebagai salah satu media edukasi kesehatan.
Kata kunci : Edukasi kesehatan, Media Video, Pengetahuan, RICE, Sprain
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 32 timesPDF - 25 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
P ISSN : 2477-1597
E ISSN : 2685-4449