FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN BELAJAR SECARA ONLINE PADA MAHASISWA

Nur Aslami Fitriyanti, Fuji Rahmawati, Firnaliza Rizona

Abstract


Kasus Covid-19 pertama kali terjadi di Indonesia pada tanggal 2 Maret 2020, menyebabkan berbagai perguruan tinggi menghentikan proses belajar mengajar secara tatap muka untuk mengurangi risiko penularan Covid-19 di lingkungan kampus. Pembelajaran yang awalnya tatap muka berubah menjadi daring (dalam jaringan). Perubahan metode pembelajaran dari tatap muka ke daring akan mempengaruhi tingkat kepuasan belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran distribusi frekuensi variabel independen berupa tingkat kesiapan mahasiswa, ketersediaan teknologi, motivasi mahasiswa, sikap mahasiswa, kemandirian mahasiswa dan gambaran distribusi frekuensi variabel dependen yaitu kepuasan belajar secara daring pada mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi adalah Mahasiswa Keperawatan Universitas Sriwijaya, sampel berjumlah 226 responden, tehnik pengambilan sampel stratified random sampling. Intrumen penelitian menggunakan kuesioner elektronik berupa google form. Didapatkan hasil uji bivariat sebesar, tingkat kesiapan mahasiswa (p=0,000), ketersediaan teknologi (p=0,004), motivasi mahasiswa (p=0,000), sikap mahasiswa (p=0,000), kemandirian mahasiswa (p=0,000) dengan (α≤0,05). Adanya hubungan antara faktor-fakor kepuasan belajar secara daring dengan kepuasan belajar secara daring pada mahasiswa program studi ilmu keperawatan universitas sriwijaya.

Kata kunci: Kemandirian, kepuasan belajar, kesiapan belajar, ketersediaan teknologi, motivasi, sikap


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 114 times
PDF - 226 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P ISSN : 2477-1597

E ISSN : 2685-4449