HUBUNGAN METODE PEMBELAJARAN DENGAN TINGKAT STRES PESERTA DIDIK SELAMA MASA PANDEMI

Welin Dwi Sagitari, Herliawati Herliawati, Sigit Purwanto, Zulian Effendi

Abstract


Pandemi Covid-19 memiliki dampak dalam setiap aspek kehidupan, salah satunya dalam bidang pendidikan, terjadinya perubahan metode pembelajaran bagi seluruh peserta didik yang diharuskan menggunakan metode pembelajaran secara daring. Adanya perubahan metode pembelajaran tidak menutup kemungkinan mempunyaidampak psikologis terhadap peserta didik, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Metode Pembelajaran Dengan Tingkat Stres Peserta Didik Selama Masa Pandemi. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif yang menggunakan desain Korelatif Cross sectional. Sampel dalam penelitian ini didapatkan dengan menggunakan metode probability sampling dengan teknik stratified random sampling dengan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 91 orang. Penelitian ini diukur menggunakan kuesioner ESSA dilakukan secara offline dengan memberikan kuesioner kepada peserta didik yang melakukan proses pembelajran secara luring dan secara daring dengan pengisian kuisioner menggunakan google form untuk responden yang melakukan proses pembelajaran secara daring. Hasil uji statistik diperoleh nilai p-value = 0.012, sehingga ada hubungan yang signifikan antara metode pembelajaran dengan tingkat stres peserta didik selama masa pandemi. Berdasarkan hasil analisis dari 91 responden terdapat perbedaan tingkat stres yang dialami oleh responden, untuk responden yang menggunakan metode pembelajaran secara luring termasuk kedalam stres dengan kategori rendah sedangkan responden yang menggunakan metode pembelajaran secara daring termasuk kedalam stres dengan kategori sedang. Dan stres yang dialami oleh peserta didik harus di kelola dengan melakukan mekanisme koping yang benar sehingga dapat memberikan dampak yang positif.

Kata kunci: Metode pembelajaran, tingkat stres, pandemi


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 171 times
PDF - 196 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P ISSN : 2477-1597

E ISSN : 2685-4449