GAMBARAN TINGKAT ADVERSITY QUOTIENT MAHASISWA KEPERAWATAN UNIVERSITAS PADJADJARAN YANG MENGIKUTI PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19

Ryzka Fridelia Suhendar, Imas Rafiyah, Witdiawati Witdiawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan adversity quotient mahasiswa keperawatan Universitas Padjadjaran yang mengikuti pembelajaran jarak jauh selama pandemi Covid-19. Jenis penelitian menggunakan desain deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah mahasiswa aktif Fakultas Keperawatan Unpad (n=855). Teknik sampling menggunakan total sampling dengan response rate 34% (n=290). Penelitian ini menggunakan kuesioner adversity quotient dengan skala likert. Data yang didapatkan akan dianalisis dengan menggunakan deksriptif univariat. Hasil penelitian menunjukan bahwa 168 mahasiswa yang mengikuti pembelajaran jarak jauh (57,93%) berada pada kelompok transisi camper ke climber. Persentase transisi camper ke climber pada masing-masing wilayah kampus sebanyak 159 orang (58,67%) Mahasiswa Jatinangor/Garut, serta 9 orang (47,37%) Mahasiswa Pangandaran. Mahasiswa yang termasuk kelompok transisi camper ke climber sudah cukup bisa merespon dan mengatasi tantangan dalam pembelajaran jarak jauh namun masih belum maksimal dalam menggunakan kemampuannya. Adapun salah satu cara meningkatkan AQ adalah dengan menerapkan rangkaian LEAD (Listen, Explore, Analyze, Do).

Kata kunci: adversity quotient, mahasiswa keperawatan, pembelajaran jarak jauh


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 365 times
PDF - 423 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P ISSN : 2477-1597

E ISSN : 2685-4449