PENGARUH PERMAINAN ULAR TANGGA MODIFIKASI TERHADAP PENGETAHUAN SISWA TENTANG JAJANAN SEHAT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan ular tangga modifikasi terhadap pengetahuan siswa tentang jajanan sehat. Desain penelitian menggunakanquasy experiment dengan rancangan non-equivalent control group. Populasi dalam penenelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV, V, dan VI (9-12 tahun) berjumlah 229 orang. Penentuan sampel menggunakan metode probability samplingdenganteknik cluster samplingdan non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian sebanyak 40 anak yang terbagi dalam 2 kelompok yaitu kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon untuk kelompok intervensi dan uji t-test berpasangan untuk kelompok kontrol, serta uji Mann-Whitney untuk mengetahui perbedaan kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan pengetahuan siswa antara sebelum dan sesudah dilakukan permainan ular tangga modifikasi dengan p value0,001 (p < 0,05) dan tidak ada perbedaan pengetahuan siswa antara sebelum dan sesudah pada kelompok kontrol dengan p value 0,249 (p > 0,05).Hasil uji Mann-Whitney pada kedua kelompok menunjukkan p value 0,004 (p< 0,05) yang berarti ada perbedaan antara pengetahuan siswa kelompok intervensi dan kelompok kontrol.Permainan ular tangga modifikasi mampu meningkatkan pengetahuan siswa tentang jajanan sehat, sehingga permainan ini dapat digunakan sebagai salah satu metode dalam pendidikan kesehatan khususnya pada siswa sekolah dasar.
Kata kunci: Pendidikan kesehatan, Pengetahuan, Jajanan Sehat, Ular Tangga Modifikasi
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 459 timesPDF - 739 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
P ISSN : 2477-1597
E ISSN : 2685-4449