FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG BABY CUES DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SIMPANG TIMBANGAN KABUPATEN OGAN ILIR

Yesica Tria Enggriani, Arie Kusumaningrum, Antarini Idriansari

Abstract


Abstrak
Jauh sebelum mulai berbicara, bayi menggunakan baby cues untuk mengungkapkan kebutuhan dan
keinginanya. Pengetahuan ibu tentang baby cues memudahkan ibu untuk merespon keinginan bayi
dengan tepat dan cepat. Hal ini dapat mempengaruhi perilaku postif pada bayi yang meliputi bahasa dan
perkembangan secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang
berhubungan dengan pengetahuan ibu tentang baby cues di wilayah kerja puskesmas Simpang
Timbangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif-analitis dengan desain cross
sectional. Sampel dalam penelitian ini ibu-ibu yang mempunyai bayi berusia 4 sampai 12 bulan sebanyak
64 sampel. Teknik analisis data secara univariat dan bivariat menggunakan program komputer melalui uji
Chi Square. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang berhubungan dengan pengetahuan ibu
tentang baby cues meliputi: pendidikan (p-value = 0,000), pengalaman (p-value = 0,013), informasi (pvalue = 0,000), stres yang dialami (p-value = 0,000) serta sistem pendukung (p-value = 0,000).
Sementara itu, tidak ditemukan hubungan pada faktor usia ibu (p-value =1,000) dan status ekonomi (pvalue = 0,654). Berdasarkan hasil penelitian, peneliti mengharapkan orangtua, mahasiswa keperawatan
dan para perawat untuk lebih memperhatikan baby cues agar bisa memberikan respon yang cepat dan
tepat pada setiap kebutuhan dan keinginan bayinya.
Kata Kunci : Baby Cues, Bayi, Ibu
Abstract
Long before starting talking, infants use baby cues to express needs and desire. Mother’s Knowledge
about baby cues make mother easy to respond the desire of baby properly and quickly. This can affect
positive behavior in infants which includes language and overall development. The aim of this study
determines the factors related to the mother's knowledge about the baby cues in the working area of
Puskesmas Simpang Timbangan Ogan ilir. Metode that is used in this research is descriptive-analytic
with cross sectional design. The sample in this study is mothers who have babies aged 4 to 12 months as
many as 64 samples. Data analysis techniques are univariate and bivariate using a computer program
through Chi Square test. These results indicate that the factors associated with mother’s knowledge about
baby cues included: education (p-value = 0.000), experience (p-value = 0.013), information (p-value =
0.000), the stress experienced (p-value = 0.000) as well as support systems (p-value = 0.000).
Meanwhile, no relationship was found in maternal age factor (p-value = 0.999) and economic status (pvalue = 0.654). Based on the results of the study, the researchers expect the parents, nursing students and
nurses to give more attention to baby cues in order to provide a rapid and appropriate response to the
baby's every need and desire.
Keywords: Baby Cues, Baby, Mother, Knowledge


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 163 times
PDF - 219 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P ISSN : 2477-1597

E ISSN : 2685-4449