DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN AUTISME BERBASIS MULTIMEDIA AUDIO-VISUAL
Abstract
Abstrak
Autisme merupakan gangguan perkembangan yang dimana anak hidup dalam dunianya sendiri tidak
memperdulikan lingkungan, cuek terhadap orang tua, tidak ada kontak mata, suka menyendiri dan sering
melakukan gerakan-gerakan yang aneh. Fenomena yang ada bahwa orang tua yang memiliki anak dengan
gejala autisme pasti mengalami kebingungan dan tidak tahu harus berbuat apa untuk merawat anak
dengan gejala autisme. Pada zaman yang modern ini banyak cara orang tua yang memiliki anak dengan
autis untuk mendapatkan informasi tentang autisme salah satunya dengan memanfaatkan teknologi
informasi melalui video media pembelajaran.Tujuan dari pembuatan desain ini adalah merancang media
pembelajaran autisme dan cara penanganan anak dengan gejala autisme berbasis video yang menarik dan
mudah dipahami.Metode yang digunakan pada perancangan media pembelajaran ini menggunakan
pengembangan multimedia menurut Luther (1994) yang dilakukan dalam 6 tahap, yaitu konsep,
perancangan, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian dan distribusi. Media pembelajaran ini dibuat
dengan menggunakan aplikasi Microsoft Power Point 2013, Windows Movie Maker 2.6, dan Camtasia
Studio 8.Hasil dari desain pembelajaran ini berupa produk media pembelajaran tentang autisme dan cara
penanganan anak dengan gejala autisme yang menarik dan mudah dipahami.Kesimpulan dari hasil
rancang media pembelajaran ini adalah melalui media pembelajaran Autisme berbasis audio-visual
diharapkan bisa membantu proses belajar dan berbagi ilmu bagi mahasiswa, praktisi kesehatan,
masyarakat dan khususnya orang tua yang memiliki anak dengan gejala autisme.
Kata Kunci: Media, Autisme, Multimedia, Audio-visual
Abstract
Autism is a developmental disorder in which the child lives in his own world does not care about the
environment, in different to parents, no eye contact, a loof and often do strange movements. The
phenomenon that is that parents who have children with autism symptoms definitely become confused and
do not know what to do to care for children with autism. In this modern age many ways parents who have
children with autism to get information about autism, one of them by exploiting information technology
through the medium of video learning. The purpose of this design is to designing instructional media
autism and ways of handling children with autism symptom-based video interesting and easy to
understand. The method used in this study media design using multimedia development by Luther (1994)
conducted in six stages are the concept, design, material collecting, assembly, testing and distribution.
This instructional media created using Microsoft Power Point 2013, Windows Movie Maker2.6, and
Camtasia Studio 8. The results of this study design is a product of learning media about autism and how
to handle a child with symptoms of autism are attractive and easy to understand. The conclusion of this
study is designed media through media-based learning audio-visual Autism is expected to help the
process of learning and sharing knowledge for students, health practitioners, community and especially
parents who have children with autism.
Keywords: Media, Autism, Multimedia, Audio-visual
Autisme merupakan gangguan perkembangan yang dimana anak hidup dalam dunianya sendiri tidak
memperdulikan lingkungan, cuek terhadap orang tua, tidak ada kontak mata, suka menyendiri dan sering
melakukan gerakan-gerakan yang aneh. Fenomena yang ada bahwa orang tua yang memiliki anak dengan
gejala autisme pasti mengalami kebingungan dan tidak tahu harus berbuat apa untuk merawat anak
dengan gejala autisme. Pada zaman yang modern ini banyak cara orang tua yang memiliki anak dengan
autis untuk mendapatkan informasi tentang autisme salah satunya dengan memanfaatkan teknologi
informasi melalui video media pembelajaran.Tujuan dari pembuatan desain ini adalah merancang media
pembelajaran autisme dan cara penanganan anak dengan gejala autisme berbasis video yang menarik dan
mudah dipahami.Metode yang digunakan pada perancangan media pembelajaran ini menggunakan
pengembangan multimedia menurut Luther (1994) yang dilakukan dalam 6 tahap, yaitu konsep,
perancangan, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian dan distribusi. Media pembelajaran ini dibuat
dengan menggunakan aplikasi Microsoft Power Point 2013, Windows Movie Maker 2.6, dan Camtasia
Studio 8.Hasil dari desain pembelajaran ini berupa produk media pembelajaran tentang autisme dan cara
penanganan anak dengan gejala autisme yang menarik dan mudah dipahami.Kesimpulan dari hasil
rancang media pembelajaran ini adalah melalui media pembelajaran Autisme berbasis audio-visual
diharapkan bisa membantu proses belajar dan berbagi ilmu bagi mahasiswa, praktisi kesehatan,
masyarakat dan khususnya orang tua yang memiliki anak dengan gejala autisme.
Kata Kunci: Media, Autisme, Multimedia, Audio-visual
Abstract
Autism is a developmental disorder in which the child lives in his own world does not care about the
environment, in different to parents, no eye contact, a loof and often do strange movements. The
phenomenon that is that parents who have children with autism symptoms definitely become confused and
do not know what to do to care for children with autism. In this modern age many ways parents who have
children with autism to get information about autism, one of them by exploiting information technology
through the medium of video learning. The purpose of this design is to designing instructional media
autism and ways of handling children with autism symptom-based video interesting and easy to
understand. The method used in this study media design using multimedia development by Luther (1994)
conducted in six stages are the concept, design, material collecting, assembly, testing and distribution.
This instructional media created using Microsoft Power Point 2013, Windows Movie Maker2.6, and
Camtasia Studio 8. The results of this study design is a product of learning media about autism and how
to handle a child with symptoms of autism are attractive and easy to understand. The conclusion of this
study is designed media through media-based learning audio-visual Autism is expected to help the
process of learning and sharing knowledge for students, health practitioners, community and especially
parents who have children with autism.
Keywords: Media, Autism, Multimedia, Audio-visual
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 353 timesPDF - 2250 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
P ISSN : 2477-1597
E ISSN : 2685-4449