PERBEDAAN MEDIA KOMIK DAN DREALL HEALTHY TERHADAP PENGETAHUAN JAJANAN SEHAT PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak
Anak sekolah dasar merupakan anak dengan usia sekolah 6-12 tahun yang pada masa ini anak masih
rawan terhadap masalah kesehatan. Anak usia sekolah dasar mengalami masalah kesehatan salah satunya
diakibatkan oleh kurangnya pengetahuan anak dalam mengkonsumsi jajanan sehat. Salah satu upaya yang
dapat dilakukan dalam meningkatkan pengetahuan anak tentang jajanan sehat adalah dengan memberikan
pendidikan kesehatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan pendidikan kesehatan dengan
media komik dan dreall healthy terhadap pengetahuan jajanan sehat pada anak usia sekolah dasar. Jenis
penelitian ini adalah quasy eksperimental dengan pretest dan post test group. Sampel penelitian terdiri
dari 2 kelompok yaitu kelompok media komik 54 sampel dan kelompok dreall healthy 54 sampel yang
diambil menggunakan teknik non probability sampling dengan pendekatan purposive sampling dengan
cluster sampling. Penelitian ini menggunakan uji t berpasangan dan uji t tidak berpasangan. Hasil analisis
menggunakan Uji t berpasangan pada kelompok media komik dan dreall healthy menunjukkan bahwa
terdapat perbedaan skor pengetahuan anak tentang jajanan sehat sebelum dan setelah diberikan
pendidikan kesehatan dibuktikan dengan nilai p value pada kelompok media komik 0.000 (p <0.05) dan
nilai p value pada kelompok dreall healthy 0.000 (p <0.05). Hasil analisis menggunakan Uji t tidak
berpasangan pada kelompok media komik dan dreall healthy didapatkan bahwa tidak terdapat perbedaan
yang bermakna terhadap pengetahuan anak tentang jajanan sehat setelah diberikan pendidikan kesehatan
dengan nilai p value 0.840(p >0,05). Pendidikan kesehatan dengan menggunakan media komik dan dreall
healthy dapat meningkatkan pengetahuan tentang jajanan sehat pada anak usia sekolah dasar.
Kata kunci: Media Komik, Dreall Healthy, Pengetahuan, Jajanan Sehat.
Abstract
Elementary school are children with 6-12 years of school age who at this age are prone to health
problems. Primary school-age children experience health problems, one of which is caused by lack of
knowledge about healthy snacks. One effort that can be done in increasing children’s knowledge about
healthy snacks is to provide health education. This study aimed to find out the difference in health
education with comic media and dreall healthy against healthy snack knowledge in elementary school
age children. This study was quasy experimental with pretest and post test group. The research sample
consisted of 2 groups, comic media groups totaling 54 samples and dreall healthy groups totaling 54
samples taken using non probability sampling techniques with a purposive sampling approach with
cluster sampling. This study used paired t test and independent t test. Results of the analysis using
paired t test in the comics media group and dreall healthy showed that there were differences in
children’s knowledge score about healthy snacks and after being given health education the comic media
group obtainted the p value of 0.000 (p >0.05) and the dreall healthy group got p value of 0.000 (>0.05).
The results of the analysis using independent t test on comic media and about dreall healthy groups
showed thet there was no significant difference in childrend’s knowledge about healthy snacks after being
given health education with a p value of 0.840 (p > 0.05). Health education by using comic media and
dreall healthy can increase knowledge about healthy snacks in elementary school-aged children.
Keywords : Comics Media, Dreall Healthy, Knowledge, Healthy Snacks
Anak sekolah dasar merupakan anak dengan usia sekolah 6-12 tahun yang pada masa ini anak masih
rawan terhadap masalah kesehatan. Anak usia sekolah dasar mengalami masalah kesehatan salah satunya
diakibatkan oleh kurangnya pengetahuan anak dalam mengkonsumsi jajanan sehat. Salah satu upaya yang
dapat dilakukan dalam meningkatkan pengetahuan anak tentang jajanan sehat adalah dengan memberikan
pendidikan kesehatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan pendidikan kesehatan dengan
media komik dan dreall healthy terhadap pengetahuan jajanan sehat pada anak usia sekolah dasar. Jenis
penelitian ini adalah quasy eksperimental dengan pretest dan post test group. Sampel penelitian terdiri
dari 2 kelompok yaitu kelompok media komik 54 sampel dan kelompok dreall healthy 54 sampel yang
diambil menggunakan teknik non probability sampling dengan pendekatan purposive sampling dengan
cluster sampling. Penelitian ini menggunakan uji t berpasangan dan uji t tidak berpasangan. Hasil analisis
menggunakan Uji t berpasangan pada kelompok media komik dan dreall healthy menunjukkan bahwa
terdapat perbedaan skor pengetahuan anak tentang jajanan sehat sebelum dan setelah diberikan
pendidikan kesehatan dibuktikan dengan nilai p value pada kelompok media komik 0.000 (p <0.05) dan
nilai p value pada kelompok dreall healthy 0.000 (p <0.05). Hasil analisis menggunakan Uji t tidak
berpasangan pada kelompok media komik dan dreall healthy didapatkan bahwa tidak terdapat perbedaan
yang bermakna terhadap pengetahuan anak tentang jajanan sehat setelah diberikan pendidikan kesehatan
dengan nilai p value 0.840(p >0,05). Pendidikan kesehatan dengan menggunakan media komik dan dreall
healthy dapat meningkatkan pengetahuan tentang jajanan sehat pada anak usia sekolah dasar.
Kata kunci: Media Komik, Dreall Healthy, Pengetahuan, Jajanan Sehat.
Abstract
Elementary school are children with 6-12 years of school age who at this age are prone to health
problems. Primary school-age children experience health problems, one of which is caused by lack of
knowledge about healthy snacks. One effort that can be done in increasing children’s knowledge about
healthy snacks is to provide health education. This study aimed to find out the difference in health
education with comic media and dreall healthy against healthy snack knowledge in elementary school
age children. This study was quasy experimental with pretest and post test group. The research sample
consisted of 2 groups, comic media groups totaling 54 samples and dreall healthy groups totaling 54
samples taken using non probability sampling techniques with a purposive sampling approach with
cluster sampling. This study used paired t test and independent t test. Results of the analysis using
paired t test in the comics media group and dreall healthy showed that there were differences in
children’s knowledge score about healthy snacks and after being given health education the comic media
group obtainted the p value of 0.000 (p >0.05) and the dreall healthy group got p value of 0.000 (>0.05).
The results of the analysis using independent t test on comic media and about dreall healthy groups
showed thet there was no significant difference in childrend’s knowledge about healthy snacks after being
given health education with a p value of 0.840 (p > 0.05). Health education by using comic media and
dreall healthy can increase knowledge about healthy snacks in elementary school-aged children.
Keywords : Comics Media, Dreall Healthy, Knowledge, Healthy Snacks
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 261 timesPDF - 403 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
P ISSN : 2477-1597
E ISSN : 2685-4449