PENGARUH MODEL INFORMATION SEARCH TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN EKSPOSITIF
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model information search terhadap kemampuan menulis karangan ekspositif siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen Simple random sampling dengan desain Control Group Pretest Post-test. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu X.2 dan X.5 Jumlah sampel penelitian seluruhnya 58 siswa. Untuk menggolongkan siswa ke dalam kelas kontrol dan eksperimen, peneliti menggunakan sampel random sehingga didapatlah rincian kelas 33 siswa kelas X.2 sebagai kelas eksperimen dan 25 siswa kelas X.5 sebagai kelompok kontrol. Data diperoleh dari hasil tes kemampuan menulis karangan ekspositif. Teknik penganalisisan data menggunakan SPSS 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Nilai ratarata tes awal menulis karangan ekspositif 63,8438 dan kelas kontrol 63,5556. Nilai rata-rata tes akhir kelas eksperimen 84,6250 dan kelas kontrol 75,9259. Hal ini menujukkan bahwa adanya peningkatan yang signifikan terhadap keterampilan menulis karangan ekspositif pada siswa kelas X SMA Srijaya Negara Palembang, pada kelas eksperimen sebesar 84,625 dan kelas kontrol sebesar 12,3703. Hasil analisis data dengan uji t membuktikan (thitung) > (ttabel) atau (6,539) > (2) dengan df= 57 pada tingkat signifikasi 95% (α=0,025). Oleh sebab itu, Ha yang berbunyi “Ada pengaruh terhadap kemampuan menulis karangan ekspositif antara siswa yang diajarkan menggunakan model information search dan siswa yang tidak menggunakan model information search
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 277 timesPDF - 275 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.